Hasil Hitung Suara Berbeda di Sirekap, KPU Banten Hentikan Pleno Suara Tingkat Kecamatan

Simulasi pencoblosan di TPS
Sumber :
  • Viva.co.id

Banten.Viva.co.id - Dalam beberapa hari terakhir, ramai perbincangan mengenai perbedaan hasil suara antara form C Hasil dengan unggahan di Sirekap, aplikasi resmi milik KPU, yang berfungsi menampilkan tabulasi suara sejak tingkat TPS.

ASN Maju Dalam Pilkada 2024, KPU Tangerang : Wajib Undurkan Diri Lebih Dulu

Aplikasi Sirekap sejatinya dibuat untuk membantu dan memudahkan KPU menghitung hasil suara. Sekaligus sebagai bentuk transparansi bagi masyarakat luas.

Karena maraknya perbedaan suara, maka KPU Banten resmi menghentikan pleno suara ditingkat kecamatan, diseluruh Provinsi Banten, sejak Minggu hingga Senin, 18-19 Februari 2024 atau selama dua hari. Penghitungan dan pleno tingkat kecamatan di mulai lagi pada Selasa, 20 Februari 2024 hingga akhir jadwal yang telah ditentukan.

KPU Tangerang : Proses Pendaftaran Pemilukada 2024 Dibuka Bulan Mei

"Penundaan rapat pleno ditingkat kecamatan ini adalah sebagai tindak lanjut arahan dari KPU RI, dengan tujuan untuk memastikan terlebih dahulu kualitas data yang digunakan untuk rekap kecamatan lebih akurat," ujar Ali Zainal Abidin, Koordiv SDM dan Litbang KPU Banten, dalam keterangan resminya, ditulis Senin, 19 Februari 2024.

Proses rekapitulasi tingkat kecamatan tetap berpedoman pada peraturan yang berlaku, dengan cara membuka kotak suara dan mengeluarkan C Hasil semua jenis pemilihan untuk dibacakan dan diinput dalam Sirekap dengan dihadiri saksi, pengawas pemilu, pemantau dan masyarakat.

Pengamanan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara KPU Banten Dibagi Empat Zona

KPU Provinsi Banten memastikan tahapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kecamatan berjalan tepat waktu, dan selesai menurut tahapan yang ditetapkan.

"Dalam waktu dua hari ini KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota melakukan pembersihan data ekstrim, yaitu perbedaan gambar C Hasil dengan konversi angka di Info Pemilu, untuk mendapatkan kesesuaian data antara image dan angka,"jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title