Cuaca Ekstrem Sepekan Mendatang, BPBD Tangerang Imbau Masyarakat Waspada

Bencana banjir beberapa waktu lalu di Kota Tangerang
Sumber :
  • Sherly / viva

VIVA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Tangerang meminta, agar masyarakat yang berada di wilayah tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan.

Siap Jalin Sinergi, GP Ansor Kota Tangerang Harus Jadi Katalisator Pembangunan Generasi Muda

Hal ini setelah adanya potensi cuaca ekstrem akan terjadi di Kota Tangerang selama sepekan mendatang, 30 Januari-5 Februari 2024 yang dirilis resmi oleh Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Maryono mengatakan, BPBD Kota Tangerang telah mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem selama sepekan mendatang.

Pendatang di Tangerang Menurun Hingga 50 Persen

Terlebih, curah hujan dengan kategori sedang-lebat telah terjadi di Kota Tangerang dalam beberapa hari terakhir.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya secara bersama-sama untuk mencegah dampak buruk dari cuaca ekstrem yang akan terjadi. Hal ini mengacu pada laporan terbaru terbitan BMKG yang menunjukkan potensi cuaca ekstrem dan puncak musim penghujan akan melanda selama sepekan ke depan," katanya, Selasa, 30 Januari 2024.

Cek Layanan Kesehatan, Pj Walkot Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

Adanya potensi cuaca ekstrem, pihaknya pun telah memasifkan informasi mengenai rekomendasi langkah-langkah antisipasi yang dapat disiapkan masyarakat secara mandiri.

Mulai dari menjaga arsip-arsip penting di tempat yang aman, membuang sampah pada tempatnya, membuat biopori, serta menjaga kesiapan infrastruktur sistem pengendali banjir yang tersedia di lingkungan sekitar, mulai dari pintu air, drainase, turap, dan pompa-pompa pengendali banjir.

Halaman Selanjutnya
img_title