Imigrasi Soetta Catat Peningkatan Lalin Internasional Meningkat 78 Persen di Tahun 2023

Suasana di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta mencatat, dibukanya kembali pintu perlintasan ditahun 2023, dengan berbagai kelonggaran peraturan pasca pandemi Covid-19, membuat pergerakan lalu lintas meningkat.

Arus Balik Mudik, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Meningkat

Tercatat sebesar 78,19 persen peningkatan lalu lintas WNI dan WNA yang melintas keluar dan masuk, melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang di tahun 2023.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Subki Miuldi mengatakan, peningkatan pergerakan penumpang internasional yang melalui Bandara Soekarno-Hatta, tidak melulu melakukan perjalanan berlibur, terutama khusus WNI.

Masuk Arus Balik Mudik Lebaran, 129 Ribu Penumpang Lintasi Bandara Soetta

"Kalau WNI tidak melulu tujuannya liburan, ada juga yang ibadah ke tanah suci, dan ini mendominasi. Sementara, kalau untuk WNA, ada yang untuk berlibur, ataupun bekerja," katanya, Kamis, 28 Desember 2023.

Untuk Desember 2023 saja, imigrasi mencatat juga adanya kenaikan pergerakan yang signifikan. Dimana, peningkatan penumpang mencapai 21 persen.

Bandara Soetta Evaluasi Pengoperasian East Flyover : Belum Dinyatakan Sempurna

"Bulan ini (Desember) meningkat 21 persen, dengan tujuan wisata ke negara terdekat saja yang berada di Asia Tenggara. Seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan negara tetangga lainnya, kalau ini ya periode libur natal dan akhir tahun," ujarnya.

Peningkatan ini nyatanya juga memberikan resiko keamanan nasional.

Halaman Selanjutnya
img_title