Tiga Pj Kepala Daerah di Banten Dari Kemendagri, Pengamat: Seperti Ban Serep

Direktur Eksekutif KPN Miftahul Adib
Sumber :
  • @adib_miftahul

Banten.viva.co.id - Tiga pejabat Kemendagri menduduki jabatan strategis di tiga daerah di Banten. Mereka ditunjuk menduduki jabatan pejabat (Pj) Walikota dan Bupati di tiga daerah. Mereka adalah Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono, Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan dan Pj Walikota Serang Yedi Rahmat.

Gunakan Aplikasi Sirekap Pemilu 2024, Pemerintah Tangerang Petakan Blank Spot Area

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Miftahul Adib menilai pemerintah pusat tidak percaya terhadap kompetensi dan kualitas pejabat daerah. Padahal mereka lebih paham kekurangan daerahnya dan membuat perencanaan pembangunan. 

"Secara tidak langsung pemerintah pusat tidak percaya dengan pejabat daerah. Walaupun mereka berdalih ini dengan suksesnya program pembangunan, suksesnya pemilu di tahun politik," ungkapnya.

Kota Serang Bakal Punya Flyover Pertama, Ditargetkan Selesai Akhir 2024

Tugas-tugas yang diamanatkan Pj selain mensukseskan pemilu, mereka diminta untuk mengurusi stunting, menekan inflasi dan penurunan kemiskinan ekstrim. Tugas tersebut sebenarnya masih bisa dieksekusi oleh pejabat daerah.

"Sebenernya kalau mau internal Pemkab, Pemkot dan Pemprov, harus empat arahan tegas itu dari presiden. Kalau tidak ada pencapaian itu ya sudah,"terangnya.

Berhasil Juarai MTQ Tingkat Kabupaten Tangerang, Pj Minta Jangan Jumawa

Lanjut Adib, Ia juga menduga pemerintah pusat memiliki kepentingan politik terkait pengisian jabatan pejabat (Pj) Bupati dan Walikota tersebut.

Sebab dari sejumlah Pj Bupati dan Walikota yang ditunjukkan dari pemerintah pusat tidak begitu memilki berkualitas bagus. Kendati Kemendagri berdalih, penujukan Pj tersebut demi menjaga netralitas ASN di Pemilu serentak, menurutnya, netralitas ASN bukan hal baru dan menang ASN sejak dulu harus netral.

Halaman Selanjutnya
img_title