Perumda Tutup Pasar Kutabumi, Seratus Pedagang Masih Pilih Bertahan

Satpol PP tutup akses di Pasar Kutabumi
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Perumda (PD) Pasar Niaga Kerta Raharja melakukan penutupan dan menghentikan aktivitas jual beli di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Rabu, 6 Desember 2023.

Sejumlah Kendaraan Mogok Usai Terjang Banjir di Jalan Puspemkab Tangerang

Penutupan pada akses pasar dan penghentian aktivitas jual beli di pasar tersebut, terkait dengan penegakan aturan soal revitalisasi yang akan dilakukan pemerintah setempat dalam waktu dekat.

Alhasil, ratusan pedagang pun harus pindah ke Tempat Penampungan Pasar Sementara atau TPPS Pasar Kemis yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi Pasar Kutabumi.

Lepas Jamaah Calon Haji Tangerang, Kemenag Banten Terima Kuota Limpahan

Kasatpol PP Kabupaten Tangerang, Agus mengatakan, pada proses penutupan ini pihaknya mengerahkan 550 personel gabungan untuk melakukan pengamanan dan pengawasan.

"Kita terjunkan personel sekitar 550 orang yang terdiri dari beberapa intansi, mulai dari Satpol PP, polisi, TNI dan jajaran kecamatan kelurahan. Dan dalam kegiatan ini, kita tutup 6 pintu akses keluar masuk dari total 8 pintu. Sisanya ini sengaja dibuka agar pedagang yang masih di dalam bisa mengangkut barang untuk pindah. Disini, kami juga cabut  atau putus aliran listriknya," katanya.

Dukung Pemekaran DOB, Syarat Mutlak Bisa Diusung Demokrat di Pilkada Kabupaten Tangerang 2024

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Pasar NKR  Finny Widiyanti membenarkan, bila meski pasar sudah ditutup, sekitar 100 pedagang masih bertahan di dalam pasar.

"Ya, ada seratus yang masih di sana, tapi kita imbau untuk segera pindah, segera lakukan verifikasi, karena tidak ada lagi proses atau kegiatan jual beli di sana. Dalam hal ini pun, terdata sekitar 400 pedagang sudah berangsung pindah ke TPPS. Jadi, memang tujuan kami, kegiatan aktivitas perniagaan terjadi disini (TPPS), tidak di pasar yang lama (Pasar Kutabumi)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title