Utang RI Meningkat, Kenapa Ijin Usaha Pertambangan Jadi Bancakan Calon Penguasa?

DPP NCW
Sumber :

Banten.viva.co.id –DPP Nasional Corruption Watch (NCW) kembali menyoroti rencana Presiden Jokowi menarik utang Rp648,1 triliun pada tahun 2024. 

Memantau Restu Kaesang Pangarep dan Bersaing Dengan Iti Octavia Jayabaya di Pilgub Banten 2024

Tujuan dari hutang yang dilakukan Jokowi adalah untuk menekan defisit hingga membiayai investasi di Tanah Air.  

Berdasarkan Buku II Nota Keuangan RAPBN 2024, penarikan utang ini lebih tinggi dari outlook APBN 2023 yang sebesar Rp 406,4 triliun. Tetapi lebih rendah dari realisasi tahun 2022 sebesar Rp 696 triliun.

Badko HMI Jabodetabeka-Banten Apresiasi Kebijakan Jokowi Jadikan PIK dan BSD PSN Baru

Pinjaman utang Luar Negeri Indonesia pada saat Covid-19 melanda dunia belum dijelaskan dengan gamblang oleh Presiden Jokowi peruntukannya, hanya disampaikan saat pandemi (Covid-19) pendapatan kita turun, belanja pemerintah naik.

“Rakyat jika hanya dijelaskan saat pandemi Covid-19 melanda, pendapatan pemerintah turun dan pengeluaran pemerintah naik, maka dalam pikiran rakyat Indonesia pasti beragam-ragam muncul pertanyaan, berapa banyak yang digunakan untuk penanggulangan Covid-19 totalnya?” Kata Hanif Ketum DPP NCW.

Elit PDI Perjuangan; Jokowi Sudah Berseberangan

Dari data yang NCW peroleh, pemerintah Jokowi melakukan penarikan utang pada tahun 2020 hingga Rp 1.229,6 triliun dan pada tahun 2021 sebesar Rp 870,5 triliun.  

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan meski sudah punya rencana menarik utang tahun 2024 sebesar Rp 648 triliun, pemerintah tak akan ugal-ugalan.

Halaman Selanjutnya
img_title