Bonnie Triyana Raih Penghargaan Dari Jepang, Rano Karno: Anak Muda yang Inspiratif

Bonnie Triyana meraih penghargaan dari Pemerintah Jepang.
Sumber :

Banten.viva.co.id – Sejarawan Bonnie Triyana mendapatkan penghargaan dari pemerintah Jepang 2023 atau Reiwa ke-5.

Rano Karno di Pilgub Banten Dapat Lawan Sengit Dari Sesama Kader PDI Perjuangan

Dubes Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi menyerahkan langsung kepada Bonie di kediaman Dubes Kanasugi, di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bonnie Triyana yang juga pengajar tamu di Reinwardt Academie, Universitas Seni di Amsterdam mendapatkan penghargaan tersebut karena dinilai berkontribusi mempromosikan pemahaman tentang sejarah interaksi antara bangsa Jepang dan Indonesia. 

Timnas Indonesia Tantang Irak di Perebutan Juara Tiga Piala Asia U23

Termasuk masa awal kedatangan bangsa Jepang pra-Perang Dunia II. Kontribusi ini dilakukan lewat penyelenggaraan pameran 'Sakura di Khatulistiwa' yang digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, 9-10 September 2022.

Diketahui, peran Bonnie dalam penelitian sejarah Indonesia dengan Jepang dimulai saat dia menjadi asisten Prof Aiko dari Keio University.

Menanti Lawan Timnas Selanjutnya di Piala Asia U-23, Jepang Atau Korea Selatan?

"Kami menghargai peran Bonnie dalam menggagas film dokumenter mengenai mantan serdadu Jepang yang berjuang di pihak Indonesia. Film ini berhasil memberikan pengetahuan sejarah kepada masyarakat Indonesia sehingga mereka paham tentang sejarah hubungan kedua bangsa" kata Kenji. 

Sementara itu Bonnie Triyana usai menerima penghargaan tersebut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Jepang yang telah memberikan apresiasi atas kerja-kerjanya dalam memproduksi pengetahuan sejarah untuk publik di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title