Polres Metro Tangerang Kota Sediakan Sarana dan Prasarana Ramah Kelompok Rentan

Sentra layanan Polres Metro Tangerang Kota
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Polres Metro Tangerang Kota melakukan inovasi pelayanannya kepada masyarakat. Salah satunya, adalah menyediakan sarana dan prasarana ramah kelompok rentan, yaitu untuk melayani ibu menyusui, manula (usia lanjut), wanita hamil, anak-anak, disabilitas maupun masyarakat berkebutuhan khusus lainnya.

"Kita memiliki sarana dan prasarana ramah kepada kelompok rentan, seperti: kursi roda tongkat bantu, guiding block (jalur khusus), rambatan tiang, taman anak bermain, ruang lactasy, ruang PPA, video petunjuk pelayanan bagi disabilitas, alat pendengar (ear phone), buku braile, toilet khusus disabilitas, termasuk juga kita siapkan loket khusus untuk melayani kelompok rentan tersebut, sehingga tidak perlu mengantri" kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Selasa, 17 September 2024.

Lanjut dia, sarana prasarana tersebut itu di sediakan guna memudahkan untuk melayani kelompok rentan, mengingat selama ini sarana dan prasarana tersebut kurang lengkap dan tidak memadai.

Padahal kelengkapan sarana prasarana tsb sangatlah penting dan diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana kepada penyelenggara pelayanan publik untuk memberikan pelayanan dengan perlakuan khusus kepada anggota masyarakat tertentu yang dikategorikan sebagai kelompok rentan meliputi penyandang disabilitas, wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak, lansia, dan korban bencana sosial serta korban bencana alam.

"Kita membangun sarana dan prasarana bagi saudara-saudara kita yang memerlukan perlakuan khusus untuk dapat mengakses lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dari kepolisian," ujarnya.

Selain itu jika pihaknya pun telah menghadirkan personel khusus yang mempunyai kompetensi khusus untuk melayani kelompok rentan, termasuk kelompok disabilitas selama berada di Polres Metro Tangerang Kota.

"Jadi ada petugas khusus. Personel tersebut telah mendapatkan pelatihan khusus untuk bisa melayani kelompok rentan, termasuk disabilitas," ungkapnya.