Begini Komposisi Alat dan Pasta Gigi yang Aman Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Penjelasan penanganan kesehatan gigi bagi anak berkebutuhan khusu
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Anak Berkebutuhan Khusus atau ABK memiliki kondisi yang spesial, sehingga dibutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya, dalam menjaga kondisi kesehatan gigi. Dimana, pada bagian mulut tersebut memiliki treatment khusus agar tetap sehat dan kuat.

5 Cara Menghilangkan Goresan pada Bodi Mobil dan Sederhana Bisa Dilakukan di Rumah

Spesialis Gigi RSIA Bina Medika, drg Melissa Adiatman Phd, mengatakan, jenis sikat yang digunakan untuk ABK berbeda dengan jenis sikat gigi pada umumnya. Perbedaan itu terdapat pada jenis sikat yang digunakan lalu cara posisinya yang juga berbeda.

"Jenis sikat gigi yang digunakan beda, kemudian  produknya juga yang digunakan berbeda dan juga beberapa cerebral placy atau downsindrom sering keluar air liur terus menerus jadi memang harus dilatih cara membersihkannya bagaimana. Ada tekniknya, alatanya sama bahannya spesifik untuk anak anak berkebutuhan khusus ini," katanya, Minggu, 30 Juni 2024.

Gerindra Usung Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah Maju di Pilkada Kabupaten Tangerang 2024

Untuk jenis sikat yang digunakan yakni Triple Headed Toothbrush. Dimana kegunaan, sikat gigi tersebut sangat membantu bagi ABK yang tidak mau membuka mulutnya.

"Banyak anak berkebutuhan khusus buka mulut itu susah sekali jadi sikat hanya bisa masuk sebentar, kalau seperti itu Triple Headed Toothbrush bisa mengurung giginya begitu sudah kejepit tinggal ditarik itu sisi atas bagian dengan pipi maupun lidah kesikat satu kali tarik itu memudahkan memang," ujarnya.

Rangkaian Acara Puncak Peringatan HUT Bhayangkara ke 78 Polda Banten di Alun-alun Barat Kota Serang

Sementara untuk pasta gigi yang digunakan pun berbeda, yang mana harus memiliki jumlah fluoride di atas 1.000 ppm atau sama dengan pasta gigi untuk dewasa.

"Nah kalau pasta giginya untuk anak berkebutuhan khusus pakai yang 1.000 ppm ke atas. Kenapa? Karena perlindungan fluoride nya lebih banyak, karena mereka risiko gigi berlubangnya tinggi dan risiko radang gusi tinggi. Karena membersihkannya sulit, air liurnya banyak, makanannya banyak diemut didalam mulut, jadi memang perlindungan fluoride nya ekstra pakai yang 1000 ppm ke atas, sama dengan pasta gigi dewasa," terang Melissa.

Halaman Selanjutnya
img_title