Sejarah 1 April Diperingati Hari Bank Sedunia Disertai Daftar Negara yang Pernah Dapat Dana Moneter

Ilustrasi Bank Dunia
Sumber :
  • Pixabay

Banten.viva.co.id – Apakah Anda tahu mengenai Sejarah Hari Bank Sedunia 1 April? Mungkin sebagian besar dari Anda jarang yang tahu atau bahkan belum pernah sama sekali mendengarnya. Ternyata hari Bank sedunia selalu diperingati setiap tahun tepatnya pada tanggal 1 April.

Pemkot Cilegon Dapat Bantuan Rp 102 Miliar Dari Bank Dunia Untuk Pengelolaan Sampah Terpadu

Berbicara mengenai Sejarah Hari Bank Sedunia 1 April lalu bagaimana sih sejarahnya? Berikut ini adalah ulasan singkatnya dikutip dari laman juproni.

Sejarah terciptanya Hari Bank bermula dengan digelarnya Konferensi bertajuk di United Nation and financial conference di Negara Paman Sam, pada kesempatan tersebut dibentuklah sebuah badan yang ditugaskan untuk bertanggung jawab menangani masalah perekonomian dunia dengan nama Bank Dunia.

Terbaru, 30 Kata-kata Hari Ibu yang Penuh Makna dan Menyentuh Hati

World Bank bertugas menyalurkan dana bantuan atau lebih umumnya disebut dana moneter kepada Negara yang mempunyai problematika masalah ekonomi. Sebagai contoh Negara Perancis adalah Negara pertama yang mendapatkan dana moneter dari World Bank. Pada saat itu Perancis mengalami krisis dan menerima dana bantuan sebesar 250 juta dolar Amerika yang dipergunakan untuk membangun kembali infrastruktur yang telah rusak akibat peperangan.

World Bank tak hanya berfokus pada krisis ekonomi akibat peperangan, akan tetapi juga menyalurkan dana pada Negara yang mengalami krisis ekonomi akibat terkena bencana alam dan hal lainnya yang menyebabkan masalah ekonomi.

Peringatan Hari Ibu Setiap 22 Desember, Ini Sejarah Singkat dan Makna yang Terkandung di Dalamnya

Di atas adalah sejarah di peringatinya Hari Bank Sedunia yang tepatnya pada tanggal 1 April disetiap tahunnya. Namun banyak fakta lain loh mengenai badan internasional ini. Apa saja fakta menarik lainnya? Mari kita lanjut bahas.

Daftar Negara yang Pernah Mendapatkan Dana Moneter World Bank

Halaman Selanjutnya
img_title