Angkat Keindahan Hindia Belanda, Mahasiswa Tangerang Gelar Pameran 'A Journey to Mooi Indie'

Pameran yang digelar mahasiswa Tangerang
Sumber :
  • Istimewa

Banten VIVA - Mahasiswa Tangerang yang berasal dari Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar pameran desain proyek tata interior berjudul ‘A Journey to Mooi Indie’.

Dukung Pemekaran DOB, Syarat Mutlak Bisa Diusung Demokrat di Pilkada Kabupaten Tangerang 2024

Pameran yang mengangkat cerita pada masa Hindia Belanda ini, tidak hanya memperlihatkan keindahannya saja. Melainkan, turut ditampilkan goresan karya terkait dengan penderitaan masyarakat Indonesia pada masa itu.

Salah satu mahasiswi Desain Interior UPH, Audrey Natasya mengatakan, ide perancangan pameran itu terinspirasi dari aliran lukisan Mooi Indie, yang menggambarkan keindahan di Hindia Belanda pada masa penjajahan.

Mahasiswa Desa Untuk Indonesia Desak Kejati Banten Tetapkan Tersangka Penjual Situ Ranca Gede Jakung

"Nama pameran kami ini 'Journey to Mooi Indie’ yang mengambarkan tentang masa Hindia Belanda. Ada keindahan, dan juga tergambarkan penderitaan masyarakat Indonesia pada masa itu," katanya, Selasa, 19 Desember 2023.

Pameran ini mengajak masyarakat untuk menjelajahi sejarah Pulau Onrust, Pulau Cipir, dan Pulau Kelor yang terkait erat dengan sejarah Banten, perdagangan rempah, kedatangan dan penjajahan bangsa asing, perbaikan kapal, karantina penyakit menular, dan sejarah Haji di Nusantara.

Mahasiswa Katolik Digerebek Warga Saat Gelar Doa Rosario, GP Ansor Tangsel Ingatkan Jaga Kerukunan

"Dalam pameran semuanya tergambar dan kami angkat menjadi konsep perancangan. Seperti Pulau Onrust yang menjadi salah satu pulau bersejarah yang turut mengalami peristiwa penjajahan," terangnya.

Lanjut Audrey, proses perancangan tersebut dilakukan selama satu semester, mulai dari survei lokasi, pengumpulan data, hingga pembuatan desain 3D dan gambar kerja. Yang mana turut memberikan sentuhan modern.

Halaman Selanjutnya
img_title