Berfungsi Sebagai Pengendali Banjir, Berikut Daftar Situ di Kabupaten Serang Banten

Situ Cibulakan salah satu situ di Kabupaten Serang
Sumber :
  • Istimewa

Banten.viva.co.id - Daftar situ atau waduh di Kabupaten Serang, Banten. Puluhan situ ini merupakan penyuplai ke irigasi untuk mengairi lahan pertanian di Kabupaten Serang.

Mahasiswa Desa Untuk Indonesia Desak Kejati Banten Tetapkan Tersangka Penjual Situ Ranca Gede Jakung

Selain menyuplai kebutuhan air, puluhan situ tersebut sebagai salah satu upaya pengendali banjir dan air baku berupa situ, danau, embung dan waduk. 

Dikutip dari laman kementerian PUPR, Kementerian PUPR, situ merupakan suatu wadah genangan air di atas permukaan tanah yang terbentuk secara alami maupun buatan dengan sumber air yang berasal dari air tanah dan/atau air permukaan. 

Polres Serang Tangkap Pelaku Rudapaksa Anak Dibawah Umur

Manfaat situ selain untuk air minum dan air baku juga untuk konsevasi lingkungan dan dapat mengurangi dampak banjir. Dan saat ini fungsi situ sudah mulai hilang dikarenakan banyaknya alih fungsi lahan yang dipergunakan untuk daerah permukiman, bisnis dan industri.

Berikut situ atau waduk di Kabupaten Serang yang ditetapkan berdasarkan Perda nomor 1 tahun 2023 tentang rencana tata ruang wilayah provinsi Banten. 

Belanja di Warung Madura Pakai Uang Palsu, Pemuda Tangerang Ditangkap Polres Serang

Rawa Kepuh, Situ Cigadel; Situ Cisitu, Situ Cicaban, Rawa Mandaya, Waduk Cileusung; Situ Rampones, Situ Sukacai, Rawa Bojong Herang, Situ Cibirai, Rawa Blungun, Rawa Kawao, Rawa Sindang Mandi, Rawa Citaman.

Rawa Panembong, Situ Cibulakan, Situ Cirahap, Situ Telaga Wangsa, Situ Terate, Situ Ciherang, Waduk Cikande, Waduk Belungun, Waduk Ciranjen, Waduk Cibulegar, Waduk Citawang, Waduk Lontar;

Halaman Selanjutnya
img_title