Apa Perubahan Praktik Anda di Ruang Kelas atau Satuan Pendidikan, Ini Jawaban Berdasarkan RTL PMM

Jawaban PMM
Sumber :
  • Pixabay

Banten.viva.co.idMari simak dan pelajari baik-baik perihal pertanyaan apa perubahan praktik Anda di ruang kelas atau satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Sejumlah Kota di Indonesia Terapkan Sekolah Swasta Gratis, Ada Wilayah Tangerang!

Berdasarkan pertanyaan diatas sangat penting untuk mengetahui dengan lebih baik perihal perubahan praktik setiap pertemuan di dalam kelas.

Sebagaimana yang terdapat pada dokumen refleksi tindak lanjut (RTL) di Platform Merdeka Mengajar, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh bapak atau ibu.

Diskusikan Apa yang Dimaksud dengan Klausula Atas Tunjuk dan Klausula Atas Pengganti

Nah, untuk menjawab pertanyaan yang telah disebutkan sebelumnya. Mari simak dan pahami ulasan lengkap yang kami rekomendasikan ini.

Dibawah ini kami ulas secara lengkap dari pertanyaan hingga jawabannya.

Coba Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Aktivitas Dummy pada Metode CPM Serta Kapan Aktivitas Dummy

Pertanyaan :

Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Referensi Jawaban :

1. Saya ingin agar para siswa secara alami mengembangkan disiplin positif yang berasal dari keinginan internal mereka, bukan karena dorongan eksternal seperti pujian atau hadiah.

Tujuannya adalah agar mereka terdorong oleh pola pikir dan perasaan mereka sendiri untuk berperilaku disiplin, tanpa adanya paksaan dari luar. 

Untuk mencapainya, saya mendorong mereka untuk terlibat dalam kegiatan yang mereka nikmati dan membantu mereka menemukan sumber inspirasi mereka sendiri. 

Saya juga menciptakan ruang dialog yang terbuka dengan siswa dan menghindari sikap otoriter, serta tidak langsung memberikan hukuman.

2. Saya menyadari bahwa menjadi seorang guru yang tidak otoriter dan tidak langsung menghukum siswa yang bermasalah memerlukan pendekatan dan kesabaran yang besar.

Melalui pendekatan ini, saya berusaha membuat siswa menyadari konsekuensi dari tindakan mereka sendiri, yang pada gilirannya membantu mereka mengembangkan disiplin positif dari dalam diri mereka tanpa tekanan dari luar.

3. Saya telah melakukan perubahan dalam praktik pengajaran saya dengan menyajikan materi pembelajaran yang menarik dan menggunakan berbagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa.

Tujuan saya adalah menciptakan pembelajaran yang lebih aktif dan dinamis, serta membantu siswa memahami materi dengan lebih mendalam. 

Salah satu langkah yang saya ambil adalah mengintegrasikan teknologi baru dan alat digital ke dalam pembelajaran mereka.

4. Terinspirasi oleh upaya tindak lanjut, saya telah mengadopsi strategi baru untuk meningkatkan keterlibatan siswa. 

Strategi ini meliputi pembelajaran aktif, diskusi berbasis masalah, dan penggunaan berbagai jenis media untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam. 

Dengan pendekatan ini, saya berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa.

Itulah tadi ulasan dari pertanyaan agar menjadi referensi terbaik melalui jawaban tentang perubahan praktik di ruang kelas atau satuan pendidikan dalam Platform Merdeka Mengajar.