Melihat 'Akal-akalan' China Jelang Lawan Timnas Indonesia dan Antisipasi Erick Thohir Menghadapinya

China Siapkan Strategi Baru Lawan Timnas Indonesia
Sumber :
  • Viva

Banten.viva.co.id – Dari daftar lawan di Grup C yang harus dihadapi Timnas Indonesia pada putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, China menjadi penantang paling merepotkan yang bakal menyulitkan langkah pasukan Garuda dengan segala skenario yang mereka rancang seperti menjadikan Stadion Qingdao sebagai venue tempat tim Dragons menjamu skuad merah putih.

Dianggap Bek Potensial, Media Belanda Heran Mees Hilgers Lebih Pilih Timnas Indonesia, Ini Alasannya

Sekilas memang tak ada yang salah dari Stadion Qingdao yang berdiri megah di Provinsi Shandong itu, namun karena isu ekstremnya perubahan iklim serta letaknya yang berjarak 600 kilometer lebih dari Ibukota Beijing, tentu akan membuat energi skuad Garuda semakin terkuras marena lelahnya perjalanan yang harus ditempuh. 

Terlebih faktor tidak adanya penerbangan komersial langsung yang menghubungkan Bahrain dengan Qingdao membuat anak asuh Shin Tae Yong yang sebelumnya harus menyambangi Bahrain semakin dibuat tak nyaman lantaran harus menempuh 30 jam perjalanan saat dituntut melakoni dua laga yang hanya berjarak 5 hari saja.

Pengambilan Sumpah WNI Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Berlangsung di Belanda

Lantas, melihat gerilya yang diusung tim Negeri Tirai Bambu, tentu membuat kalangan penikmat sepakbola tanah air menjadi geram. Sebab skenario ini dianggap kurang fair untuk menjagal mimpi Indonesia tampil di ajang Piala Dunia. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di Stadion Utama Gelora Bung Karno

Photo :
  • PSSI
Berkas Disetujui DPR RI, Eliano Reijnders Tak Sabar Debut Bersama Timnas Indonesia

Di sisi lain, adapun alasan China mengambil langkah ini karena mengaku terinspirasi dari rencana PSSI yang akan menggelar laga menjamu Australia di Stadion Bung Tomo, Surabaya. Namun perlu digaris bawahi, hal ini sempat dicanangkan PSSI karena agenda menghadapi Australia berbenturan dengan jadwal kunjungan internasional salah satu tokoh besar dunia ke kota Jakarta. Di mana saat ini, wacana itu telah direvisi ulang dan laga menghadapi tim kangguru pada 10 September 2024 kemarin tetap dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Melihat tensi yang cukup panas antara Timnas Indonesia dengan tim China, tentu menarik untuk dibahas sebab dalam urusan sepakbola, Indonesia dengan Negeri Tirai Bambu terbilang cukup dekat lantaran adanya jalinan perusahaan asal China yakni Sunning yang membeli saham mayoritas Inter Milan dari Erick Thohir pada tahun 2016 lalu dengan tetap mempercayai Ketua PSSI itu menjadi presiden klub sebelum akhirnya mengundurkan diri pada tahun 2018. 

Halaman Selanjutnya
img_title