Yayan Alfian Nugraha, Doktor Pemberi Beasiswa Full Ke Warga Tidak Mampu

Yayan Alfian Nugraha. (Medsos).
Sumber :

Banten – Ratusan mahasiswa dari keluarga tidak mampu, kini bisa mengenyam bangku perkuliahan di Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Banten, dengan menerima beasiswa full sarjana. Pemilik yayasan, Yayan Alfian Nugraha bercerita kalau dia sengaja mendirikan perguruan tinggi itu pada 2009 silam, untuk membantu masyarakat tidak mampu, sehingga bisa membantu perekonomian keluarga nantinya. Selain itu, Yayan juga prihatin dengan minumnya tenaga akuntansi dan keuangan di Banten.

Jelang Pilkada Serentak 2024, Golkar Terus Jajaki Kerjasama Politik di Banten

Ditambah, belum meratanya pendidikan di Banten kala itu, bangku kuliah dirasa masih mahal oleh sebagian orang kurang mampu untuk melanjutkan jenjang pendidikan.

"Jadi dasarnya saya bikin yayasan pendidikan itu, untuk turut serta membangun Banten dari sisi sumber daya manusianya lah," ujar Ketua Yayasan ITB Banten, Yayan Alfian, Senin, 11 September 2023.

Polres Serang Tangkap Pelaku Rudapaksa Anak Dibawah Umur

Yayan berterus terang hanya memiliki 450 mahasiswa untuk program Diploma 3 di kampusnya. Kemudian, ada ratusan mahasiswa yang telah diberikan beasiswa melalui berbagai program, baik dari pemerintah maupun berasal dari keuangan ITB.

Yayan Alfian menseleksi ketat mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Selain persyaratan administrasi, ada tim khusus yang datang langsung ke rumah mahasiswa calon penerima beasiswa.

Belanja di Warung Madura Pakai Uang Palsu, Pemuda Tangerang Ditangkap Polres Serang

Yayan memberanikan diri maju sebagai Bacaleg DPRD Provinsi Banten dari Dapil Kabupaten Serang, dengan harapan bisa berbuat lebih banyak lagi untuk masyarakat.

"Jadi ada yang kita berikan beasiswa penuh, ada yang 75 persen, ada juga yang 50 persen. Jadi kita pilah dulu. Kalau jujur, kampus memiliki keterbatasan, tapi kita subsidi silang," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title