Pengamat Nilai Pola Kampanye Door to Door Lebih Efektif di Pilkada Kota Tangerang
- Sherly/viva
Banten VIVA - Dalam tahapan kampanye di Pilkada serentak 2024, para pasangan calon pimpinan daerah mulai melakukan sosialisasi dirinya baik itu visi misi untuk bisa memenangkan kontestasi politik.
Seperti di Kota Tangerang, tiga pasangan calon Wali dan Wakil Wali Kota Tangerang, yakni pasangan nomor satu Faldo Maldini dan Fadhlin, lalu nomor dua Ahmad Amrullah dan Bonnie Mufidzar. Kemudian nomor urut tiga, Sachrudin dan Maryono Hasan, mulai terjun ke masyarakat mensosialisasikan visi misi.
Dalam hal ini, berbagai metode dilakukan para pasangan calon untuk bisa menyentuh masyarakat, mulai dari mengumpulkan masyarakat di ruang terbuka, hingga door to door.
Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, proses kampanye dengan metode door to door merupakan strategi unggul dalam investasi sosial masyarakat. Hal ini seperti yang dilakukan pasangan nomor urut tiga.
"Sachrudin-Maryono menggencarkan kampanye tatap muka dengan masyarakat guna menjadi kunci mutakhir dalam memenangkan Pilkada 2024, karena pola kampanye yang digunakan mereka lebih efektif, sehingga lebih dekat dengan masyarakat dan juga sebaliknya," katanya, Sabtu, 28 September 2024.
Seperti melakukan diskusi dengan para warga, kemudian kaum pemuda-pemudi Kota Tangerang, hingga konsolidasi terbuka dengan tim pemenangan.
Lanjut dia, berbeda dengan metode melalui media sosial, baik proses sosialisasi ataupun pemaparan visi misi. Di mana, cara itu dinilai Pangi, tidak dapat digunakan oleh masyarakat yang tertarik dengan pola itu untuk mengajak lingkup terdekat mereka seperti keluarga dan kerabat.