Chaowalit Thongduang, Buronan Asal Thailand Dideportasi : Pulang Menggunakan Privat Jet

Buronan Thailand, Chaowalit
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Buronan Chaowalit Thongduang dideportasi dari Indonesia menuju negara asalnya Thailand. Proses deportasi tersebut  dilakukan melalui Terminal 1, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa, 4 Juni 2024.

Ratusan Jamaah Haji Kloter Pertama Tiba di Tanah Air

Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti mengatakan, proses pendeportasian itu mendapatkan pengawalan ketat dari 10 anggota Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri dan 1 anggota kepolisian dari Thailand.

"Pukul 15.00 WIB. Terkait proses deportasi, Polri handling over kepada otoritas Thailand, melalui mekanisme Bareskrim menyerahkan ke imigrasi dan sudah mengeluarkan cap deportasi sebagai surat pengganti laksana pasport dari kedutaan Thailand di Jakarta. Sehingga, perjalanan secara sah melintas dari satu negara dan negara lain," katanya di Saphire Precious, Terminal 1, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Begini Dua Wajah Buronan Polres Serang

Chaowalit sebelumnya ditangkap dan divonis 20 tahun enam bulan penjara oleh Pengadilan Phatthalung pada Januari 2022.

Pada Oktober 2023, dia melarikan diri saat dibawa untuk perawatan gigi di RS Maharat Nakhon Si Thammarat.

Intip Pameran Helikopter Terbesar di Asia Tenggara, Tarik Minat Pelajar ke Dunia Aviasi

Setelah melarikan diri, Chaowalit menjadi target pencarian intensif oleh polisi dan tentara Thailand, dengan hadiah 100 ribu Baht bagi yang memberikan informasi tentang keberadaannya.

Buronan tersebut, terlibat dalam aksi kekerasan yang membuatnya ditetapkan sebagai buron nomor 1 di Thailand. Dan, diduga terlibat dalam penembakan terhadap anggota kepolisian dan kehakiman.

Halaman Selanjutnya
img_title