Tiket Pelabuhan Merak Habis, Masyarakat Tidak Bisa Mudik

Kemacetan Terjadi Hingga Keluar Pelabuhan Merak
Sumber :
  • Istimewa

Banten.Viva.co.id - Pemudik tidak bisa lagi pulang kampung melalui Pelabuhan Merak, sejak 06-08 April 2024. Lantaran pada tanggal tersebut, tiket penyebrangan menuju Pelabuhan Bakauheni, telah habis terjual seluruhnya.

Ada 6,6 Juta Kendaraan Melintas Tol Trans Jawa Selama Arus Mudik dan Balik 2024

"Saat ini Semua penjualan tiket sudah habis untuk smua golongan, terminal ekpres maupun terminal reguler," ujar Shelvy Arifin, Corsec PT ASDP Indonesia Ferry, di Dermaga Ekskeutif Merak, Sabtu, 06 April 2024.

Tiket yang tersedia hanya untuk di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten. Jadi, hanya pemudik sepeda motor yang bisa melanjutkan perjalanan pulang kampung dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera.

Catatan Gapasdap Merak Soal Arus Mudik Idul Fitri 2024 di Selat Sunda

"Untuk kendaraan roda dua yang di Pelabuhan Ciwandan saat ini masih tersedia 30 persen karena sudah terjual 70 persen," terangnya.

Pemudik diharapkan bisa mengatur jadwal perjalanan, sehingga tidak terjebak kemacetan maupun tidak bisa menyebrang setibanya di Pelabuhan Merak. Lantaran, tiket penyebrangan baru bisa dipesan pada 09 April 2024 dini hari.

Jumlah Perputaran Uang di Banten Selama Idul Fitri 2024, Mencapai Triliunan Rupiah

Dimana, setiap harinya, Pelabuhan Merak hanya menjual sekitar 24 ribu tiket penyebrangan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kalau kuota tiket yang kita siapkan 24 ribu unit kendaraan, jadi hari ini sampai Senin itu sudah sekitar 50 ribu. Jadi kapasitas penjualan tiket kita 50 ribu dalam dua hari," jelasnya.