Desa Kecil di Pakistan Ini Jadi Pasar Senjata Terbesar di Dunia : Jadi Basis Kelompok Taliban

Penduduk Darra Adam Khel saat membuat senjata
Sumber :
  • Istimewa

Banten.viva.co.id – Darra Adam Khel adalah sebuah desa kecil di Pakistan yang terkenal dengan pasar senjata dan amunisi ilegalnya. Desa ini terletak di Provinsi Khyber Pakhtungkhwa dekat dengan perbatasan Afghanistan. 

Pendatang di Tangerang Menurun Hingga 50 Persen

Penduduk di Darra Adam Khel mayoritas berasal dari Suku Pashtun yang memiliki tradisi membuat dan menjual senjata api dengan teknik dan bahan tradisional. Darra Adam Khel sering dianggap sebagai pasar senjata ilegal terbesar di dunia.

Sejarah Darra Adam Khel adalah sejarah yang panjang dan menarik yang melibatkan berbagai peristiwa tokoh dan budaya. Menurut penduduk setempat, awal mula mereka membuat senjata adalah ketika ada pembelot dari di Angkatan Darat Inggris yang membawa keterampilan persenjataan ke desa sekitar tahun 1857. 

Menu Latihan Kopassus Hingga Jadi Pasukan Elit Militer Yang Disegani Dunia

Namun produksi senjata meningkat pesat pada Tahun 1979 ketika Rusia menginvasi Afghanistan dan pemerintah Pakistan menjual amunisi yang hancur ke pedagang senjata di Darra Adam Khel.

Ilustrasi senjata

Photo :
  • Istimewa
Menkumham Yassona Laoly Dukung Penuh Repatriasi Culture Heritage Milik Sultan HB II

Sejak itu, mereka mampu membuat replika hampir semua jenis senjata mulai dari senapan mesin hingga peluncur roket. Darra Adam Khel juga menjadi saksi dari berbagai konflik dan perang, seperti perang Inggris - Afganistan, Perang Dunia 1 dan 2, perang saudara Afghanistan dan perang melawan terorisme.

Darra Adam Khel juga menjadi basis dari kelompok militan, seperti taliban dan TTP (Tehrik-e Taliban Pakistan) yang sering menggunakan senjata dari kota itu. Penduduk Darra Adam Khel mengalami berbagai intervensi dan operasi militer dari pemerintah Pakistan yang bertujuan untuk menghentikan perdagangan senjata ilegal dan menghapus militan dari kota itu.

Halaman Selanjutnya
img_title