Pendatang di Tangerang Menurun Hingga 50 Persen

Antrean urus adminitrasi kependudukan
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mencatat penurunan angka pendatang baru usai periode arus balik mudik lebaran 2024 mengalami penurunan hingga 50 persen.

Banyak Pencaker Baru, Disdukcapil Kabupaten Serang Razia KTP Non Permanen Warga Pendatang

Berdasarkan data yang diterima, jumlah pendatang baru usai lebaran 2024 sebanyak 1.655 jiwa. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan dengan 2023 dalam periode yang sama, dengan total 3.274 jiwa.

"Usai arus balik mudik memang ada fenomena urbanisasi. Tapi tahun ini, kita lihat dari data, ada penurunan pendatang baru dibandingkan tahun 2023 dan penurunan ini mencapai 50 persen," kata Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Irman Pujahendra, Rabu, 17 April 2024.

Cek Layanan Kesehatan, Pj Walkot Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

Meski demikian, pihaknya tetap meminta, agar warga pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang, segera mengurus administrasi kependudukan di Kota Tangerang, dengan membawa surat pindah dr daerah asal (SKPWNI).

"Dengan kesadaran masyarakat pendatang mengurus administrasi kependudukan, tentunya dapat memudahkan dalam pendataan kependudukan di Kota Tangerang," ujarnya.

Masih Perjalanan Mudik, Puluhan ASN di Tangerang Ikut Program WFH

Tak hanya itu, Irman juga mengatakan, bagi para pendatang bisa melakukan pendaftaran keberadaannya dengan membuat KK dan KTP-el secara online melalui aplikasi sobatdukcapil.tangerangkota.go.id.

"Bisa daftar online juga, atau offline melalui Kantor Disdukcapil atau di gerai dukcapil di Mall Tangcity, Mall Icon Walk, Mall Pelayanan Publik (MPP) dan di kecamatan setempat. Hanya bawa berkas dokumen SKPWNI dari daerah asal dan melampirkan KTP-el asli pemohon, sedangkan apabila melalui online sobatdukcapil bisa pilih fitur ‘Datang WNI’," ungkapnya.