Sindir Prabowo, Andika Perkasa Sebut Pesawat Bekas Itu Sudah Tidak Diproduksi Lagi, Sparepart Sulit

Prabowo Subianto
Sumber :

Banten.viva.co.idDebat Capres Pemilu 2024 telah membuka mata publik bahwa banyak kejanggalan yang dilakukan oleh pemerintah selama berkuasa. 

Tak Lagi Dianggap di PDIP, Jokowi dan Gibran Gabung Golkar, Benarkah Begini Fakta Sebenarnya

Prabowo Subianto, capres yang diyakini sebagai perpanjangan penguasa dalam debat terbuka diminta menjelaskan penggunaan uang rakyat sebesar Rp 12 triliun, namun tak bersedia menjelaskan dengan berkilah waktunya terbatas. 

Seperti diketahui dalam Debat Capres 2024 putaran ketiga Minggu 7 Januari 2024, Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menyinggung soal pembelian pesawat bekas. 

Jasa Prabowo Besar bagi Bangsa sejak di Militer, M. Qodari: Sangat Pantas Raih Gelar Jenderal

Menurut Anies, tidak seharusnya Kementerian Pertahanan membeli alutsista bekas, sebab berdasarkan data yang disampaikan Anies, terdapat lebih dari separuh tentara yang tidak memiliki rumah dinas. Kementerian Pertahanan dianggap tidak tepat menggunakan anggaran negara.

"700 triliun anggaran Kementerian Pertahanan tidak bisa mempertahankan itu. Justru, (dana itu) digunakan untuk membeli alat-alat alutsista yang bekas di saat tentara kita, lebih dari separuh, tidak memiliki rumah dinas," terang Anies dalam segmen pertama Debat Capres 2024 putaran ketiga.

Pilpres 2024 Telah Usai, Saatnya Rekonsiliasi Nasional

Alutsista yang dimaksud Anies adalah pesawat tempur Mirage 2000-5, berjumlah 12 unit, dibeli dari Qatar. Pesawat ini buatan Prancis. Pembelian itu dilakukan pada pertengahan 2023. 

Menurut laporan media nasional berjudul "Alasan Prabowo Borong Jet Tempur Bekas Qatar Rp12 Triliun", Prabowo beli alutsista bekas dengan total menghabiskan USD 792 juta, atau nyaris Rp12 triliun. 

Halaman Selanjutnya
img_title