Pengintegrasian Transportasi Umum di Tangerang, Pengamat : Lihat Perkembangan Penduduk

Bus Tayo Kota Tangerang
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA --- Pemerintah Kota Tangerang, terus berupaya melakukan inovasi dalam hal transportasi. Dimana, sebagai wilayah yang memiliki mobilitas penduduk cukup tinggi, kemacetan menjadi salah satu fokus kerja pemerintah setempat untuk bisa diatasi.

Hardiknas, Pelajar Tangerang Ikuti Program A Day In My Life 'Jadi Wali Kota Tangerang'

Inovasi yang dilakukan seperti adanya konsep integrasi layanan transportasi umum, dengan simpul-simpul transportasi yang terkoneksi dengan terminal dan stasiun serta fasilitas publik.

Kondisi ini dinilai oleh sejumlah pengamat cukup baik. Namun, pemerintah juga disarankan untuk melihat kondisi dan perkembangan penduduk di wilayah tersebut.

Siap Jalin Sinergi, GP Ansor Kota Tangerang Harus Jadi Katalisator Pembangunan Generasi Muda

Pengamat Perkotaan Yayat Supriatna mengatakan, konsep integrasi layanan transportasi umum yang diprogramkan Pemerintah Kota Tangerang untuk mengurangi kemacetan sudah cukup baik.

"Konsepnya sudah cukup baik, namun disarankan pemerintah harus melihat perkembangan penduduk. Bagaimana kebutuhan masyarakat juga dapat terfasilitasi dari berbagai sektor," katanya, Minggu, 24 Desember 2023.

Pendatang di Tangerang Menurun Hingga 50 Persen

Lanjut dia, dengan simpul konektivitas transportasi umum yang ada, diharapkan dapat berkembang lebih inovatif dengan ide dan gagasan yang harus terus dilakukan.

"Penguatan transportasi publik menjadi hal penting dalam penataan sebuah kota. Apalagi kondisi Tangerang saling terhubung. Banyak masyarakat yang bekerja di pusat kota sehingga menimbulkan kemacetan. Makanya, harus terus ada kebijakan dengan inovasi pengembangan. Seperti kerjasama dengan Transjakarta dan juga mengintegrasikan dengan stasiun kereta api, bandara dan sarana lainnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title