Elektabilitas Anies di Banten dan Jabar Sebagai Capres Tinggi, Kalahkan Prabowo - Ganjar

Elektabilitas Anies Baswedan
Sumber :
  • Instagram Anies Baswedan

Banten – Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis elektabilitas bakal calon presiden (Capres) yang dipetik dari tiga nama. Yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Bawaslu Banten Buka Rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2024, Begini Caranya!

Dari ketiga tokoh politik Indonesia itu, elektabilitas Anies Baswedan di Provinsi Banten lebih tinggi dari pada Prabowo dan Ganjar.

Tak hanya di Provinsi Banten, nama Anies Baswedan juga cukup moncer di Provinsi Jawa Barat atau Jabar. Berikut hasil survei Poltracking Indonesia yang dilakukan pada 26 November hingga 2 Desember 2022.

Prabowo Presiden, Gerindra Gubernur Banten 2024

Di Provinsi Banten, elektabilitas Anies mencapai 47,6 persen. Anies unggul jauh dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdasarkan simulasi tiga nama.

Prabowo Subianto ada di posisi kedua. Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu mendapat dukungan 28,5 persen di Banten.

Gandeng Airin, Kader Gerindra Dorong Andra Soni Maju di Pilgub Banten 

Sementara, Ganjar Pranowo hanya mendapatkan 16,1 persen. Sebanyak 7,8 persen responden memilih untuk tidak menjawab atau tidak tahu.

Dukungan terhadap Anies juga tinggi di Jabar. Namun, elektabilitas mantan gubernur DKI Jakarta dan Prabowo tak terpaut jauh di Tanah Pasundan. Elektabilitas Anies sebesar 36,3 persen, sedangkan Prabowo 30,8 persen. 

Halaman Selanjutnya
img_title