Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Bayah Lebak, Getaran Terasa Hingga Sukabumi

Gempa Bayah Lebak, Banten.
Sumber :
  • Istimewa

Banten.viva.co.idGempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang sejumlah wilayah di Kabupaten Lebak, Banten dengan lokasi gempa di 7,26 lintang selatan, 106,13 bujur timur dengan pusat gempa di laut 39 kilometer Barat Daya Bayah dengan kedalaman 23 kilometer pada Kamis 14 Desember 2023 sekitar pukul 14.23 WIB.

Gempa Garut Terasa Hingga Banten

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), guncangan gempa dirasakan di Malingping, Malasari, Leuwiliang, Bayah, Kalapanunggal dan Pelabuhan Ratu.

Salah seorang warga Bayah, Mursyid mengaku merasakan getaran yang diakibatkan gempa selama 4 detik. Namun hal itu tak membuat dirinya terlalu cemas lantaan sudah biasa terjadi di wilayahnya.

Bacagub Banten Silaturahmi Idul Fitri 2024 ke Pelosok Banten

"Iya ngerasa, bentar doang, ada kali sekitar 3 - 4 detik. Sempat keluar rumah, cuma biasa aja, sudah biasa kalau di sini mah Bang," kata Mursyid melalui sambungan telepon, Kamis (14/12/2023).

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizku Pratama mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukan penelusuran di sejumlah wilayah untuk memastikan dampak yang ditimbulkan dari gempa yang terjadi.

Sama-sama Cantik, Airin dan Pantai di Lebak

Namun, lanjut Febby, sampai saat ini pihaknya belum menerima informasi adanya kerusakan yang disebabkan akibat gempa berskala magnitudo 4,9 yang mengguncang wilayah Lebak Selatan.

"Sejauh ini tidak ada kerusakan, terutama di pusat gempa di Kecamatan Bayah," ucap Febby.

Halaman Selanjutnya
img_title