Menteri Perhubungan Prediksi Ratusan Juta Orang Bakal Rayakan Libur Natal dan Tahun Baru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • Viva.co.id

Banten.Viva.co.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi ratusan juta orang bakal keluar rumah untuk merayakan libur natal 2023 dan tahun baru 2024.

Hasil Survei Pilgub Banten 2024, Siapa Unggul?

Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia dengan sejumlan lembaga survei yang kredibilitas.

"Saya menambahkan saja, bahwa riset ini dilakukan oleh kami dan beberapa lembaga yang kredibel. Sehingga menghasilkan suatu survei yang naik 43 persen dari tahun yang lalu, yaitu 107 juta (orang)," kata Budi dikutip dari Viva pada Sabtu (9/12/2023).

Kepadatan Arus Balik Mudik di Jalur Darat, Menhub Minta Pemudik Pulang Besok Hari

Menurutnya, ada beberapa data yang harus dicermati menurut hasil survei. Salah satunya soal kepergian pemudik guna liburan jumlahnya meningkat jadi 45 persen.

Oleh karenanya, memang ada konsentrasi yang terjadi terutama di Yogyakarta dan sekitarnya yang menjadi tujuan utama, berarti nanti pergerakan-pergerakan darat itu akan menuju arah situ," katanya.

Puncak Mudik Lebaran 2024, Airnav Prediksi 4.749 Penerbangan Hiasi Langit Indonesia

Ia minta semua stakeholder terkait agar mengantisipasi lonjakan saat berlibur di Bali. Menurutnya, bakal ada peningkatan jumlah wisatawan dari Ketapang ke Gilimanuk.

"Oleh karenanya, saya minta kepada stakeholders memberikan suatu dukungan, para Kapolda juga memberikan atensi pada tempat-tempat itu," katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title