Erupsi Gunung Anak Krakatau Terdengar ke Ujung Kulon Hingga Bikin Kaca Rumah di Pandeglang Bergetar

Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • Magma Indonesia

Banten.viva.co.id – Suara gemuruh erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) yang berada di Perairan Selat Sunda, Kecamatan Rajabasa, Lampung terdengar hingga ke Pulau Peucang Taman Nasional Ujung Kulon.

Lawan Trah Dimyati dan Jayabaya, Ratu Anita Sangadiah Daftar Bacabup Pandeglang di PKB

Bahkan kaca-kaca rumah warga yang berada di sekitar pesisir Pandeglang bergetar. Seperti diungkapkan salah seorang petugas di Pulau Peucang, Elly Suparly.

Menurutnya, sejak dua hari terakhir, dirinya kerap mendengar suara gemuruh seperti geludug dari erupsi Gunung Anak Krakatau tersebut.

Lokasi Nobar Semifinal Piala Asia U23, Timnas Indonesia Melawan Uzbekistan

Meski begitu, diakui Elly, dirinya tidak terlalu kaget dan cemas akan fenomena alam tersebut, lantaran bukan hal baru dialaminya ketika terjadi peningkatan aktifitas dari Gunung Anak Krakatau.

"Iya terdengar jelas, suaranya seperti suara geludug aja, itu sudah 2 hari kemarin. Kemarin (Selasa) sore yang jelas mah, tapi suaranya itu kadang ada, nanti beberapa menit ilang, terus ada lagi. Tapi udah biasa sih, kalau erupsi ya pasti kedengaran ke sini (Pulau Peucang)," kata Elly saat dihubungi via telepon, Rabu 29 November 2023.

Ayo ke Banten Aja, Wisata Pulau Peucang, Surganya bagi Para Penyelam dan Snorkeling

Sementara itu, salah seorang warga yang tinggal di pesisir Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang Desi Setiawati mengaku, dirinya tak bisa tidur di malam hari lantaran suara gemuruh Gunung Anak Krakatau terdengar lebih jelas.

Bahkan, kata Desi, kaca di rumahnya sampai ikut bergetar akibat suara gemuruh yang ditimbulkan oleh erupsi Gunung Anak Krakatau.

Halaman Selanjutnya
img_title