Perusahaan Properti di Tangerang Gunakan Teknologi AI Guna Deteksi Kerusakan Infrastruktur

Diskusi Penggunaan Generative AI bidang Properti
Sumber :
  • sherly (tangerang) / viva

Banten VIVA - Artificial Intelligence (AI) saat ini tengah digunakan berbagai sektor usaha baik industri, layanan publik dan juga properti dalam memudahkan pelayanan dan pengerjaan suatu projek. Salah satunya pengembang bisnis properti di wilayah Tangerang, yang telah menggunakan teknologi kecerdasan buatan tersebut.

Ancaman Global Warming, Pengusaha Hunian Diminta Perhatikan Kriteria Sustainability

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land, Mulyawan Gani mengatakan, teknologi AI atau disebut dengan Generative AI digunakan pihaknya untuk mendeteksi adanya kerusakan pada kawasan jalan atau lingkungan di Bumi Serpong Damai atau BSD.

"Kita sudah gunakan teknologi AI ini untuk membantu kita melayani dan meningkatkan kenyamanan kepada konsumen atau pengguna jalan kita. Dimana, teknologi AI ini kita terapkan pada kamera kecil di mobil patroli dan bus-bus yang secara reguler melalui jalan jalan di kawasan BSD," katanya, Jumat, 17 November 2023.

KPU Tangerang : Proses Pendaftaran Pemilukada 2024 Dibuka Bulan Mei

Dalam penerapannya, teknologi AI melakukan pendeteksian pada kondisi jalan rusak, mulai dari retak hingga berlubang, untuk nantinya bisa dilakukan perbaikan oleh tim pengerjaan.

"Teknologi AI ini sudah kita rancang untuk bisa melihat seberapa parah kerusakan, sehingga selain bisa segera mungkin dilakukan perbaikan, teknologi ini juga bisa dengan mudah mengevaluasi hasil kerja kontraktor," ujarnya.

Pasar Kutabumi Telah Dibongkar, Sekda : Lanjut ke Pembangunan

Nantinya, penggunaan teknologi AI tidak hanya diterapkan pada inrastruktur saja, melainkan kepada layanan kebersihan dikawasan BSD, Tangerang. Dimana, dapat memantau kondisi lingkungan yang terdapat penumpukan sampah, baik itu sampah plastik dan daun kering.

"Teknologi generative AI ini nantinya kita kembangkan untuk memilah sampah, yaitu dengan cara membedakan daun kering yang banyak bertebaran di kawasan BSD dengan sampah plastik. dan ini bertujuan untuk memudahkan proses pemilihan dan pengolahan sampah," ungkapnya.