Tahun 2023, Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Banten Naik 4,97 Persen, Tertinggi Se-Pulau Jawa

Pertumbuhan ekonomi se-Pulau Jawa.
Sumber :
  • BPS Banten

Banten.viva.co.idBadan Pusat Statistik Provinsi Banten mencatat pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten mengalami kenaikan pada triwulan III-2023. Pasalnya, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Banten tumbuh 4,97 persen bila dibandingkan triwulan III-2022.

Pemprov Perkuat Permodalan Bank Banten, Al Muktabar : Regulasi Sedang Diformulasikan

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada triwulan III tahun 2023 ini tercatat paling tinggi se-Pulau Jawa dengan angka 4,97 persen. Di mana Provinsi Yogyakarta tercatat mengalami kenaikan 4,96 persen, Provinsi DKI Jakarta 4,93 persen, Provinsi Jawa Tengah 4,92 persen, Provinsi Jawa Timur 4,86 persen dan Provinsi Jawa Barat 4,57 persen.

Menanggapi hal itu, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan rasa syukurnya atas capaian pertumbuhan PDRB Banten di atas pertumbuhan Nasional sehingga jadi tertinggi di Pulau Jawa.

Bawaslu Banten Buka Rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2024, Begini Caranya!

“Kita dapat informasi, pertumbuhan PDRB Provinsi Banten melampaui pertumbuhan nasional. Ini adalah bagian dari kontribusi komoditi-komoditi yang kita kembangkan itu,” ujar Al Muktabar, Rabu 8 November 2023.

Hal senada diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat. Menurutnya, naiknya PDRB Provinsi Banten melampaui Nasional dan tertinggi di Pulau Jawa harus didorong dengan adanya alternatif ekspor oleh pemerintah.

Jumlah Perputaran Uang di Banten Selama Idul Fitri 2024, Mencapai Triliunan Rupiah

“Provinsi Banten tumbuh 4,97 dan Nasional tumbuh 4,94. Hal itu menunjukkan di Provinsi Banten alternatif ekspor perlu kita dorong,” kata Imadudin.

“Selama ini kita berpegang pada ekspor baja dan alas kaki. Produk-produk unggulan harus kita dorong. Ini akan berkontribusi sangat baik bagi Provinsi Banten terhadap pertumbuhan ekonominya,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title