4 Langkah Jitu Jadi Akuntan Sukses di Era Teknologi Digital

Kegiatan Belajar Mengajar Mahasiswa
Sumber :
  • Istimewa

Banten VIVA - Perkembangan teknologi dan digitalisasi turut merubah berbagai hal terutama dalam dunia pekerjaan di seluruh sektor, tidak terkecuali dalam sektor keuangan, yakni akuntansi.

Kader Nasdem Serahkan Berkas Pencalonan ke PKB Dalam Pilkada 2024 di Tangerang

Juru Bicara Kementerian dan Informatik, Dedy Permadi mengatakan, dengan kondisi itu, pentingnya peran akuntan untuk hisa menyelaraskan pekembangan teknologi digital.

"Di Indonesia, kebutuhan akan akuntan yang terampil dalam teknologi digital semakin mendesak, mengingat saat ini hanya ada sekitar 53 ribu akuntan untuk memenuhi kebutuhan yang mencapai 452 ribu orang. Ditambah, adanya pertumbuhan pekerjaan akuntan sebesar 5,6 persen dari tahun 2021 hingga 2031, sehingga akuntan memiliki peran penting dalam dunia bisnis yang terus berkembang yang harus dibarengi dengan kemampuan teknologi digital," katanya.

ASN Maju Dalam Pilkada 2024, KPU Tangerang : Wajib Undurkan Diri Lebih Dulu

Adanya hal itu pun, Ketua Program Studi Akuntansi UPH, Wijaya Triwacananingrum menyebutkan, para akuntan harus beradaptasi dan mengejar keterampilan-keterampilan baru untuk dapat berkembang di era digital.

"Meskipun kemajuan teknologi akan mengubah praktik akuntansi secara signifikan, namun teknologi tidak akan sepenuhnya menggantikan peran para akuntan. Tetapi, teknologi akan terus mengubah bagaimana akuntansi dilakukan, keterlibatan manusia dalam menerapkan pengetahuan, interpretasi, dan analisis akan tetap menjadi hal yang penting dalam dunia akuntansi," ujarnya, Rabu, 8 November 2023.

Ancaman Global Warming, Pengusaha Hunian Diminta Perhatikan Kriteria Sustainability

Alhasil, untuk meraih sukses di era digital sebagai seorang akuntan, terdapat empat langkah kunci yang perlu dipertimbangkan dan diupayakan:

1.Meraih Gelar Sarjana: Pendidikan tinggi menjadi fondasi penting dalam memasuki dunia akuntansi. Memperoleh gelar sarjana dari perguruan tinggi akan memberikan keunggulan ketika mencari pekerjaan.

Halaman Selanjutnya
img_title