Faktor Internal yang Mempengaruhi Terjadinya Perubahan Sosial

Ilustrasi perubahan penduduk
Sumber :

Banten – Perubahan bukanlah hal yang menjadi rahasia, dalam kehidupan sehari-hari perubahan dapat terjadi hingga beberapa kali yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Tahukah kalian faktor internal yang mempengaruhi terjadinya perubahan sosial itu didorong oleh beberapa hal?

Fakta Enam Badak Cula Satu Ditembak Mati Pemburu Liar di TNUK

Faktor internal sendiri berarti penyebab yang berasal dari dalam individu, sedangkan perubahan yang diakibatkan oleh beberapa faktor umumnya terjadi karena adanya hal baru dalam sebuah kehidupan sosial.

Faktor internal yang mempengaruhi terjadinya perubahan adalah yang bersumber dari masyarakat itu sendiri dalam kehidupan sosial, seperti perubahan penduduk (berkurang atau bertambah), terjadinya konflik, pemberontakan atau revolusi masyarakat, adanya hal baru seperti penemuan.

Timnas Indonesia Optimis Masuk Final Piala Asia U23

Sementara itu, masalah lainnya yang menyebabkan perubahan sosial terjadi berasal dari eksternal atau dari luar individu (masyarakat itu sendiri) seperti contohnya kehadiran dan kemunculan budaya dari luar masyarakat.

Hal ini tentunya menjadi pemicu mengapa terjadi perubahan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Dan perubahan ini bukanlah hal yang mustahil, karena perubahan bisa datang dan terjadi kapan saja.

Tol Tangerang Merak Diperlebar Jadi 3 Lajur, Mulai dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Seperti yang kita rasakan saat ini, semakin canggihnya teknologi, maka semakin banyak juga perubahan yang terjadi di masyarakat, bisa kita bayangkan dan rasakan sendiri keadaan yang sedang kita alami sekarang.

Revolusi itu juga dibentuk dari kesadaran masyarakat untuk perubahan, tidak ada satu orang pun yang mampu menolak perubahan, karena pada dasarnya kehidupan normal tidak melulu seperti apa yang sebelumnya kita jalankan.