Datangi KPK, Walkot Tangerang Beberkan Soal Pengelolaan Sampah

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mendatangi gedung Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta. Kedatangannya tersebut, berkaitan dengan Rapat Koordinasi Pengelolaan Sampah melalui Refuse Derived Fuel (RDF) dan Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP). 

Siap Jalin Sinergi, GP Ansor Kota Tangerang Harus Jadi Katalisator Pembangunan Generasi Muda

Arief mengatakan, pada rapat tersebut, ia memyebutkan beberapa upaya dalam pengelolaan persampahan perkotaan yang dilakukan di Kota Tangerang. Terlebih, wilayah yang berjuluk seribu jasa itu mampu memproduksi sampah hingga 2.000 ton per hari. 

"Per harinya produksi sampah di Kota Tangerang  mencapai 2.000 ton, kondisi ini karena pertumbuhan berbagai sektor yang semakin tinggi di Kota Tangerang, maka dari itu kita sharing seperti apa upaya-upaya kita dalam penanganannya," katanya, Selasa, 7 November 2023. 

Tidak Takut Hadapi Syafrudin, Syamsul Hidayat Daftar Bacalon Walikota di PDIP Kota Serang

Upaya yang dilakukan pihaknya pun terdapat pada berbagai teknologi untuk pengelolaan sampah, termasuk RDF. Namun, dikarenakan Kota Tangerang masuk dalam proyek strategis nasional, sehingga pihaknya fokus pada Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL). 

"Ada upaya pengelolaan sampah ke berbagai teknologi sudah kita lakukan. Namun, saat ini kami berusaha untuk melaksanakan PSEL, meskipun banyak kendala," ujarnya. 

Usai Mendapat Sinyal Positif PKS, Wahyu Nurjamil Langsung SatSet Konsolidasi Dengan PKB Kota Serang

Sejumlah kendala yang dihadapi dalam mengatasi permasalahan persampahan di daerah yang membutuhkan bantuan dan juga peran serta dari pemerintah pusat, agar masalahnya bisa segera diselesaikan. 

"Banyak hal yang butuh komitmen dan juga koordinasi antara pemerintah pusat dengan daerah untuk mengatasi masalah persampahan ini," ungkapnya.