Refleksi Sumpah Pemuda, AMP Dorong Pemuda Terus Aktif Berjuang dan Jaga Budaya Bangsa

Acara refleksi sumpah pemuda
Sumber :
  • Istimewa

Banten.Viva.co.id - Ratusan anggota Angkatan Muda Perjuangan (AMP) menggelar "Dialog Refleksi Sumpah Pemuda", lomba lukis dan pembacaan ikrar di Cisadane River Park, Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Hardiknas, Pelajar Tangerang Ikuti Program A Day In My Life 'Jadi Wali Kota Tangerang'

Kegiatan untuk memperingati hari sumpah pemuda ini dihadiri dan didukung oleh beberapa komunitas relawan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan komunitas seni rupa Tangerang raya. 

Ketua Umum AMP, Firman Mahmudi, mengatakan bahwa refleksi ini dilaksanakan untuk mengingat kembali semangat perjuangan para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan persatuan dan kesatuan di Indonesia, yang memiliki beragam Suku, Agama, Ras dan Antar golongan.

Elit PDI Perjuangan; Jokowi Sudah Berseberangan

"Hari sumpah pemuda menjadi momentum penting bagi generasi muda untuk merenung dan melakukan refleksi atas nilai – nilai yang dijunjung tinggi oleh para pemuda terdahulu, karena momentum itulah, kami generasi muda sekarang bisa menikmati hasilnya," ujar Firman, Senin (30/10/2023).

Acara dirangkai dengan kegiatan atraktif dan kreatif seperti dialog bertemakan refleksi sumpah pemuda, yang menghadirkan tokoh agama dan budayawan setempat, kegiatan lomba melukis, pembacaan teks Sumpah Pemuda dan ikrar kepemudaan. 

Siap Jalin Sinergi, GP Ansor Kota Tangerang Harus Jadi Katalisator Pembangunan Generasi Muda

Firman menambahkan, bahwa pemuda saat itu bergerak karena memiliki semangat dan dorongan yang kuat untuk memerdekakan bangsa ini, mereka berkeinginan agar Indonesia menjadi bangsa yang Bersatu dan berdaulat.

"Dengan momentum sumpah pemuda, kita harus mengingat bahwa untuk meraih hal besar kita harus juga berbuat besar, perjuangan pemuda saat itu tidak dibarengi dengan bantuan dan dukungan yang memadai, tapi semangat dan optimisme yang kokoh, akhirnya lahir sumpah pemuda," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title