Cek Fakta : Benarkah Presiden Jokowi Diusir Megawati dari Istana Negara Gara-gara Ijazah Palsu?

Presiden RI Jokowi
Sumber :
  • Instagram @jokowi

Banten.viva.co.id – Beredar sebuah video di media sosial yang menarasikan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri mengusir Presiden Jokowi dari Istana Negara lantaran kepemilikan ijazah palsu.

Tak Lagi Dianggap di PDIP, Jokowi dan Gibran Gabung Golkar, Benarkah Begini Fakta Sebenarnya

Video itu pun turut mendapat respon dari warganet yang seolah meyakini dan mempercayai narasi yang disematkan dalam video yang diunggah pada 10 Maret 2023 lalu.

Dalam video yang diunggah kanal Youtube Rahasia Politik mengunggah video dengan klaim Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengusir Presiden Joko Widodo dan memaksanya untuk mundur berkaitan dengan kasus ijazah palsu.

Siap Maju di Pilgub 2024, Ratu Ageng Rekawati Ambil Formulir Pendaftaran ke Kantor PDIP Banten

Video tersebut memuat narasi “SEMUA TERKEJUT!! MEGAWATI USIR JOKOWI KELUAR DARI ISTANA & MINTA JKW MUNDUR TERKAIT IJAZAH PALSU?”.

Klaim tersebut didukung dengan gambar pratinjau yang memperlihatkan Megawati dan Jokowi dengan latar belakang suasana Istana Negara. Dalam gambar pratinjau tersebut dituliskan juga Anies Baswedan diminta untuk menggantikan Jokowi.

PPP Di Persimpangan Jalan, Gugatan Pileg dan Ajakan Koalisi Prabowo-Gibran?

Tangkap layar video kanal Rahasia Politik

Photo :
  • Balikkan Hoax

Dikutip dari turnbackhoax, gambar pratinjau tersebut dapat dipastikan merupakan hasil manipulasi . Pasalnya jika diamati dengan cermat, gambar Megawati, Jokowi, dan Anies terlihat memiliki perbedaan resolusi dan pencahayaan.

Halaman Selanjutnya
img_title