Masyarakat Banten Wajib Tahu, Ternyata ini Singkatan Banten

Masjid Agung Banten
Sumber :
  • INSTAGRAM/dunialoka.id

Banten – Siapa yang sudah tahu singkatan Banten? Sepertinya tidak semua masyarakat Provinsi Banten mengetahui bahwa Banten memiliki beberapa singkatan yang dipercaya berdasarkan sejarah dari beberapa versi yang ada.

Andra Soni Terpilih Gubernur Banten, Warga Pasir Pogor Minta Akses Jalan di Diperbaiki

Banten merupakan sebuah Provinsi yang berada di paling barat Pulau Jawa. Awalnya, Banten masuk ke bagian Provinsi Jawa Barat, namun Banten memisahkan diri menjadi Provinsi yang dimekarkan dari Jawa Barat.

Pemekaran ini berdasarkan undang-undang Nomor 23 Tahun 2000, di mana Hj Ratu Atut Chosiah merupakan Gubernur pertama Banten, sekaligus Gubernur pertama di Indonesia.

Perjalanan Hidup Andra Soni Jadi Inspirasi Buruh di Lebak, Siap Menangkan jadi Gubernur Banten

Sekarang Banten telah menjadi Provinsi yang istimewa, masyarakatnya merupakan Suku Sunda Banten yang berada di Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang, Cilegon, dan juga Tangerang.

Asal-usul nama "Banten" sendiri terdiri dari beberapa versi, berdasarkan yang tertulis di dpmptsp.bantenprov.go.id, sebagaimana yang tercantum di buku Toponimi Disbupar Banten 2014, tulisan Juliadi dan Neli Wachyudi.

Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Masih Tak Terlayani, Antri dari Jam 2 Dini Hari

Menurut Tb. H. Achmad dalam buku pakem Banten terbitan Drukkerih tahun 1935, nama Banten berasal dari kata dalam bahasa Jawa, yaitu "Katiban Inten" yang artinya kejatuhan intan.

Makna Katiban Inten ini merujuk pada sejarah masyakarat Banten, dahulunya merupakan penyembah berhala dan menganut agama Hindu. Lalu kemudian Islam datang dengan berbagai ilmu agama fiqih, ushuluddin, dan ilmu umum.

Halaman Selanjutnya
img_title