Rasakan Sensasi Menikmati Daging Sapi Pilihan Hasil Fermentasi Seharga Rp500 Ribuan di Tangerang

Menu daging sapi yang telah diolah dengan proses pemanggangan
Sumber :
  • sherly (tangerang) / viva

Banten.VIVA.co.id - Bagi kalian pecinta kuliner terutama menu yang memiliki bahan utama daging sapi, tentu tidak asing lagi dengan olahan daging yang menggunakan teknik grill atau pemanggangan. Dimana, daging sapi segar atau yang sudah dimarinasi akan dibakar dengan suhu tertentu untuk membut daging matang dan empuk.

Sejumlah Kendaraan Mogok Usai Terjang Banjir di Jalan Puspemkab Tangerang

Daging yang digunakan untuk kuliner tersebut pun tidak sembarangan, ada beberapa bagian daging yang cocok untuk diproses menggunakan teknik pemanggangan. Tapi apa jadinya bila daging yang dipilih merupakan daging hasil fermentasi atau pembusukan? Hal ini lah yang menjadi daya pikat salah satu restoran Kabupaten Tangerang, yang menyajikan daging khusus dengan sensasi baru saat pengunjung mengigit empuknya daging. Berada di Al Gusto JHL Solitaire, menu daging yang dikenal dengan istilah "Dry Aged" ini, memberikan rasa baru bagi para pecinta olahan daging sapi.

Dry Aged sendiri merupakan teknik lama namun, belum banyak orang yang mengetahuinya. Dimana daging sapi dengan dry aged ini, akan memalui proses fermentasi atau pembusukan untuk melunakkan atau membuat empuk daging yang mana, biasanya untuk membuat empuk daging dibutuhkan waktu dan temperatur tertentu saat dimasak. Namun, dengan proses itu, daging akan otomatis empuk dan proses memasak pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Dengan metode itu, tentunya daging memiliki cita rasa yang berbeda saat para pengunjung mencicipinya.

Lepas Jamaah Calon Haji Tangerang, Kemenag Banten Terima Kuota Limpahan

Director of Culinary di Al Gusto JHL Solitaire Hotel, Chef Nalendra mengatakan, produk daging yang dilakukan metode ini menggunakan daging impor dari berbagai negara pilihan.

"Seperti dari Australia, US, Jepang, dan Sumatran Cattle.Tipe daging yang akan digunakan adalah Wagyu Marble 7, Tajima A4, Grass Fed Australian, dan Sumatran Brahman Cross," katanya, Selasa, 10 Oktober 2023.

Dukung Pemekaran DOB, Syarat Mutlak Bisa Diusung Demokrat di Pilkada Kabupaten Tangerang 2024

Dalam penyajiannya, chef dan tim akan melakukan live cooking di hadapan para konsumennya. hal ini untuk menambah daya tarik, serta bertujuan agar para konsumen melihat proses dry aged daging mulai dari lmari penyimpanan daging untuk dry aged. Agar, mereka bisa memilih daging yang sudah di dry aged berapa hari, untuk kemudian diolah dengan berbagai bumbu dan saos pilihan, sehingga bisa disantap sebagai sajian steak.

Lanjut dia, dry aged merupakan metode yang menggunakan bakteri untuk membuatnya menjadi lebih empuk. Yang mana, setiap hari pun harus dipantau perkembangan dan juga temperatur suhunya dengan batas ideal di antara 1C-3C, dan tingkat kelembaban di antara 75 sampai 80 persen. Kemudian akan dimarinasi mulai dari 14 hari sampai maksimum di 240 hari.

Halaman Selanjutnya
img_title