RS di Tangerang Hadirkan Teknologi Smart Pump Monitoring System Pertama di Dunia

Smart pump monitoring system
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Salah satu rumah sakit di Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, yakni Mandaya Royal Hospital Puri (MRHP), menghadirkan layanan teknologi kesehatan terbaru dalam menunjuang fasilitas kepada pasien.

Kenali Gejala Penyakit Neuromuskular Pada Anak Mulai Dari Gangguan Motorik

Dimana, fasilitas ini pun diklaim sebagai yang pertama digunakan di dunia oleh rumah sakit di wilayah Indonesia.

President Director Mandaya Hospital Group (MHG), dr. Benedictus Widaja mengatakan, fasilitas tersebut merupakan Smart Pump Monitoring System yang mana, alat canggih itu adalah pompa infus canggih yang terhubung ke handphone android dan monitor di ruang perawat.

18 Ribu Hewan di Tangerang Dinyatakan Bebas Penyakit dan Laik Dikurbankan

"Penggunaan teknologi mesin infus pintar dari Terumo itu, menjadi pertama kalinya di dunia. Disini, teknologi mesin infus pintar ini digunakan bukan hanya di ruang ICU saja, melainkan di 200 tempat tidur pasien rawat inap," katanya, Kamis, 21 Maret 2024.

Smart Pump Monitoring System ini dapat mendeteksi jumlah cairan infus yang dialirkan kepada pasien. Dimana, jika cairan infus sudah habis atau terdapat masalah, maka terdapat notifikasi yang berbunyi di komputer yang berada di nurse station.

Tarik Minat Pengunjung JHL Group Luncurkan Aplikasi Dengan Beragam Fitur

"Kalau dulu kan ada kendala atau cairan infus mau habis, akan ada alarmnya, bunyinya cukup berisik dan mengganggu. Makanya, kami hadirkan fasilitas ini yang sudah di upgrade dengan teknologi system android. Dimana, kalau ada kendala tidak ada suara alamr yang mengganggu, ditambah suster bisa memantau lewat smartphone," ujarnya.

Lanjutnya, hal ini tentunya akan membuat kualitas istirahat pasien akan meningkat, sehingga berdampak pula terhadap proses pemulihan yang lebih cepat.

Halaman Selanjutnya
img_title