Ciri-ciri Anak Idap Penyakit Kanker, Mulai Ada Benjolan Hingga Perut Membuncit

Ilustrasi kanker
Sumber :
  • istimewa

Banten VIVA - Kanker menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai, lantaran gejalanya yang sulit terdeteksi, serta menjadi salah satu faktor kematian terbesar di dunia.

Dikabarkan Tenggelam, Ayah dan Putrinya di Tangerang Ditemukan Meninggal Dunia

Penyakit ini tidak hanya menyerang remaja atau pun orang dewasa. Namun, usia anak-anak pun nyata juga memiliki resiko mengidap penyakit berbahaya tersebut.

Dokter spesialis anak konsultan hematologi onkologiz Dr. dr. Dina Garniasih Rd, SpA (K), M.Kes, mengatakan, menurut data dari Global Cancer Observatory tahun 2020, jumlah penderita kanker pada anak dengan usia 0-19 tahun tercatat sebanyak 11.156 jiwa.

Menjaga Imunitas Anak di Tengah Cuaca Ekstrem: 5 Cara Efektif

Mirisnya, berdasarkan data World Health Organization tahun 2021, hanya kurang dari 30 persen kasus kanker anak di Indonesia yang dapat disembuhkan.

"Salah satu penyebab utamanya dikarenakan keterlambatan diagnosis sehingga pengobatannya kurang optimal," katanya di Tangerang, Rabu, 6 Maret 2024.

Menuju Banten Sehat dan Sejahtera, Komunitas Peduli Kanker Banten dan Banten Ceria Resmi Dikukuhkan

Lanjut dia, kanker pada anak tidak bisa dicegah, sehingga harapan hidup pasien sangatlah tergantung pada kecepatan deteksi dan pengobatannya.

Ia merilis, beberapa ciri anak yang mengidap kanker, seperti perut membucit, demam berulang, adanya benjolan, sakit kepala yang menetap, pucat, ataupun pendarahan dan nyeri tulang.

Halaman Selanjutnya
img_title