Makna Lubang dan Tali di Kerah Seragam SH Terate

Seragam Setia Hati Terate
Sumber :
  • Instagram @pshterateindonesia

Banten.Viva.co.id - Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) atau ada juga yang menyebutnya SH Terate, memiliki baju kebesaran dengan dominan warna hitam.

Bacagub Banten Silaturahmi Idul Fitri 2024 ke Pelosok Banten

Kemudian ada main yang diikatkan dipinggang berwarna putih, kemudian dikerah bajunya ada lima lubang yang diikat menggunakan tali warna putih.

Tahukah kamu, makna lubang yang berjumlah lima dibagian kerah baju pendekar silat SH Terate?

Inspirasi Ramadhan 2024, HDCI Serang Berbagi Takjil dan Santuni Yatim Piatu

Ternyata lubang bukan sekadar lubang, melainkan, memiliki makna dan falsafah mendalam. Lokasinya pun dekat dengan hati dan tenggorokan manusia. Mengutip dari psht.or.id, lima lubang itu memiliki makna yang harus diresapi.

Warga PSHT

Photo :
  • Instagram @pshterateindonesia
Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial

Lima lubang dan tali putih di dada pada pakaian Warga, sebutan anggota PSHT, sejatinya merupakan simbol yang memiliki arti bahwa, warga SH Terate hendaknya menjalankan lima rukun Islam hanya karena Allah SWT dan berpegang teguh pada agama Allah (tali putih).

Temuan penelitian ini sejatinya tidak bertentangan dengan ajaran Islam dan mengembangkan teori yang dikembangkan para pakar. Seperti, Abdul Qadir Ahmad Atha, berdasarkan hadits dari Abdullah bin Umar ra yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim menjelaskan bahwa.

Halaman Selanjutnya
img_title