BMKG Waspadai Cuaca Ekstrem di Awal Januari

Waspada cuaca ekstrem di Banten
Sumber :
  • Pixabay

Banten.Viva.co.id - BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem di awal Januari 2024. Rilis itu disebar di grup resmi BMKG Serang.

Miris, Ditembak Berulang hingga Mati, Cula Badak Jawa di Ujung Kulon Dijual Seharga Ratusan Juta

Dimana, cuaca ekstrem bisa memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di beberapa daerah. Mencermati perkembangan potensi cuaca saat ini hingga pertengahan Januari 2024, BMKG terus melakukan update monitoring kondisi cuaca untuk mengantisipasi peningkatan cuaca ekstrem, dan berdasarkan analisis terkini, diidentifikasi hingga sepekan kedepan terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah, antara lain:

Adanya Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan, mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens.

1,2 Juta Warga Banten Terjerat Pinjol, Nilainya Mencengangkan

Kemudian adanya aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO), saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan kedepan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah. Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktifitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga lima hari kedepan.

Banjir rob

Photo :
  • Viva
Penduduk Pulau Jawa Bertambah Ratusan Ribu Jiwa Usai Arus Balik Dari Sumatera

Sementara itu, faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

"Dengan memperhatikan kondisi dinamika atmosfer diatas, maka untuk sepekan kedepan, 03-10 Januari 2024, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga lebat di sebagian wilayah," tulis rilis itu, dikutip Kamis, 04 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title