Baru Menginjak Usia 23 Tahun, Ini Sejarah Singkat Berdirinya Provinsi Banten

Tugu Banten
Sumber :
  • Istimewa

Banten.viva.co.id – Provinsi Banten adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Jawa. Luas Provinsi Banten adalah sekitar 9.662 kilometer persegi. 

Maju Pilkada Pandeglang, Ratu Anita Sangadiah Daftar ke Nasdem, Berkas Dinyatakan Lengkap

Provinsi ini terletak di pulau Jawa bagian barat dan memiliki beragam lanskap yang meliputi pantai, pegunungan, dan dataran rendah. 

Banten adalah salah satu provinsi yang terletak di pesisir barat Jawa dan memiliki garis pantai yang panjang, serta beberapa taman nasional dan kawasan alam yang indah.

Duduk Bareng Cak Imin, Bacabup Pandeglang Ratu Anita Sangadiah: Semoga Dapat Bersinergi

Jumlah penduduk Provinsi Banten dari waktu ke waktu terus mengalami pertumbuhan karena adanya migrasi dan faktor-faktor demografis lainnya. 

Namun, menurut data sensus penduduk terakhir yang tersedia sebelum tanggal pemutakhiran pada September 2021, jumlah penduduk Provinsi Banten mencapai sekitar 11 juta jiwa. 

Lawan Trah Dimyati dan Jayabaya, Ratu Anita Sangadiah Daftar Bacabup Pandeglang di PKB

Sejarah berdirinya Provinsi Banten berakar pada peristiwa penting dalam sejarah kerajaan dan kesultanan yang pernah menguasai wilayah ini. 

Wilayah yang sekarang menjadi Provinsi Banten telah memiliki sejarah yang panjang sebelum provinsi ini terbentuk. Salah satu kerajaan awal yang terkenal di wilayah ini adalah Kerajaan Sunda, yang berdiri pada abad ke-4 hingga ke-16.

Halaman Selanjutnya
img_title