Tanara Clean Up Bersama Wapres dan Chandra Asri Grup

Tanara Clean Up
Sumber :

Banten.Viva.co.id - Wapres RI, KH. Maruf Amin mengapresiasi gerakan Tanara Clean Up yang di inisiasi berbagai kalangan. Gerakan itu juga bekerjasama dengan Universitas Syekh Nawawi Banten (USNB) yang berlangsung di Taman Batu Quran, Masjid Syekh Nawawi Tanara, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada Minggu, 14 Januari 2024.

Kapolres Serang Bagikan Sembako Ke Pemulung dan Kaum Duafa

Lebih lanjut, Wapres mengatakan, acara ini tidak hanya ditujukan untuk menciptakan lingkungan lestari, tetapi utamanya untuk mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah di perdesaan agar dapat bernilai ekonomis dan bermanfaat. 

"Hari ini melalui program Tanara Clean Up, masyarakat diajak untuk ikut membersihkan sungai, mempelajari pengelolaan sampah, membangun ekoriparian, agar area sungai lebih bersih dan indah. Serta dilakukan pula penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia dari Tanara untuk Indonesia," ujar Wapres, KH. Maruf Amin, Minggu, 14 Januari 2024.

Tersangka Pencabulan Jemput Korban di Dekat Makam, Pelaku Ditangkap Polres Serang

Wapres berharap program ekoriparian dapat mengubah pola pikir masyarakat agar lebih peduli kepada lingkungan, serta memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui aktivitas ekonomi yang tumbuh di sekitarnya. 

"Marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai komitmen bersama untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan," jelasnya.

Makna Hari Kartini Bagi Airin dan Milenial

Salah satu pihak yang turut berkolaborasi dalam kegiatan Tanara Clean Up yakni PT Chandra Asri Grup, perusahaan kimia yang ada di Kota Cilegon, Banten. Acara bersih-bersih itu turut menggandeng Bank Sampah Digital (BSD), selaku mitra lokal pelaksanaan program, berhasil mengumpulkan 2.517,5 kg total sampah yang terdiri atas 284,5 kg sampah anorganik, 323,5 kg sampah organik, 42 kg sampah B3, dan 1.867,5 kg sampah residu.  

Program Tanara Clean Up bagian dari program Tanara Waste Management, bertujuan menciptakan sistem pengelolaan sampah berkelanjutan dengan mengimplementasikan konsep ekonomi sirkular.

Halaman Selanjutnya
img_title