Cuaca Panas Tak Biasa Melanda Indonesia? Berikut 9 Tips Agar Terhindar dari Dehidrasi

Ilustrasi cuaca panas tak biasa
Sumber :
  • Pixabay/Olichel

Banten.viva.co.idCuaca panas tak biasa memamg sedang dirasakan di hampir seluruh wilayah Indonesia dalam beberapa bulan terakhir sehingga membuat keresahan warga masyarakat akibat matahari begitu menyengat dari keadaan normal.

Sama-sama Cantik, Airin dan Pantai di Lebak

Cuaca panas tak biasa membuat terjadinya peningkatan suhu udara maksimum. Bahkan pancaran sinar matahari yang diterima oleh sejumlah wilayah di Indonesia rupanya lebih menyengat dari biasanya.

Cuaca panas tak biasa yang dirasa di wilayah Indonesia ternyata juga tengah melanda kawasan Asia Selatan seperti Bangladesh dan India, serta beberapa negara lainnya yaitu Myanmar, Thailand, Laos, China, bahkan Jepang.

Menang Atas Vietnam 0-3, Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik ke Posisi 133 Geser Malaysia

Bahkan, Provinsi Tak di Thailand tercatat suhu udara maksimum mencapai 45,4ºC. Hal ini disebabkan adanya fenomena heatwave atau gelombang panas, yang mana tengah melanda Asia Selatan maupun sekitarnya. 

Gelombang panas atau heatwave merupakan perubahan suhu yang tidak biasa dari keadaan normal di suatu wilayah dan terjadi berturut-turut selama lima hari atau lebih.

Dihuni Pemain Diaspora, China Sebut Timnas Indonesia Bakal Jadi Ancaman Baru Tim-tim Besar Asia

Gelombang panas atau heatwave menyebabkan suhu maksimum harian melonjak secara signifikan, bersama adanya tren pemanasan global dan perubahan iklim juga menjadi pemicu dapat berpeluang lebih sering terjadi.

Gelombang panas atau heatwave ini tidak termasuk wilayah Indonesia dengan intensitas cahaya matahari berlebih hingga menciptakan suhu udara maksimum sedikit melonjak.

Halaman Selanjutnya
img_title