Pemain Timnas Indonesia Pernah Kalahkan Manchester United Dan Spanyol Juara Tiga Piala Dunia

Shin Tae-yong Latihan Bersama Timnas Indonesia.
Sumber :
  • PSSI

Banten.Viva.co.id - Siapa yang tak kenal dengan Jordi Amat, pemain naturalisasi Timnas Indonesia sejak 2022 silam. Posisi bermainnya sebagai bek tengah.

Tempat Nobar Timnas Indonesia Melawan Korea Selatan di Piala Asia U23

Pemilik nama lengkap Jordi Amat Maas lahir pada 21 Maret 1992, di Canet dengan Mar, Spanyol. Pemilik tinggi badan 181cm itu kenyang bermain di Liga Eropa, terlebih di La Liga Spanyol maupun Inggris.

Dia pernah membela klub besar di Eropa, seperti Espanyol hingga Swansea City. Bahkan pernah membela Timnas Spanyol junior, sejak 2008 hingga 2014. Kini, dia memilih bergabung dengan Timnas Indonesia. Bahkan pernah membawa Timnas Spanyol juara tiga di Piala Dunia FIFA U-17 pada 2009 silam.

Persimpangan Jalan Shin Tae Yong, Timnas Indonesia atau Korea Selatan?

Jordi Amat memiliki pertalian darah dengan Indonesia, melalui jalur sang nenek yang berasal dari Makassar. Dia tumbuh besar di akademi sepak bola Espanyol dan selama 10 tahun menjadi bagian dari tim junior tersebut.

Jordi Amat pemain Timnas Indonesia di Pial AFF 2022

Photo :
  • Viva
Jelang Indonesia Vs Korea Selatan di Perempatfinal Piala Asia U23 2024, Rizky Ridho Ungkap Hal Ini

Kemudian pada musim 2009/2010, dia dipercaya bergabung dengan Tim Espanyol senior di La Liga, debut pertamanya saat melawan Real Mallorca. Kemudian dia dipinjamkan ke Rayo Vallecano, usai bermain tiga musim bersama Espanyol.

Di klub barunya itu, dia menjadi bek tengah yang sulit ditembus lawan-lawannya. Tim-tim Eropa pun banyak yang terpikat, hingga akhirnya berlabuh ke Swansea City di Liga Inggris, musim 2013/2014, dengan nilai transfer sekitar 2,9 Juta Euro.

Halaman Selanjutnya
img_title