Keseruan Bridestory di Tangerang, Bisa Temukan Tema dan Rencanakan Keuangan Pernikahan Bareng Si Dia

dekorasi pernikahan di tahun 2023 dalam pameran Bridestory Market
Sumber :
  • sherly (tangerang) / viva

Banten.VIVA.co.id - Bridestory market kembali mengadakan pameran terbesarnya di hall 3 ICE BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Pameran yang diadakan hingga tanggal 8 Oktober 2023 ini, memberikan sejumlah rancangan pernikahan yang bisa ditemukan oleh pengunjung yang akan menuju jenjang lebih serius. 

Prediksi Skor Indonesia VS Irak di Piala Asia U-23, Sekda Tangerang 2-1 Untuk Indonesia

Dimana, sebanyak 420 vendor hadir dalam pameran terbesar tersebut yang menawarkan sejumlah paket pernikahan, serta promo menarik. Terdiri dari puluhan kategori, seperti gaun pengantin, fotografi, venue, dekorasi, wedding organizer, perhiasan, undangan, katering, hingga rancangan keungan pernikahan. 

Di tahun 2023 ini pelaksanaan pesta pernikahan mulai mengalami pergeseran. Dimana, generasi milenial dan gen Z cenderung memilih intimate wedding. Yang mana, konsep terbatasnya tamu dan rangkaian acara ini dibarengi dengan kemampuan para pasangan untuk mengantur budget pernikahan mereka, agar tidak over budget.

Kampus Tangerang Buka Program Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri, Ini Syarat dan Kuotanya

Tren intimate wedding ini pun terjadi sejak adanya pandemi Covid-19 yang pada tahun 2020. Saat itu, seluruh kegiatan harus mengalami keterbatasan agar menghindari penyebaran virus. Namun nyatanya, kondisi itu membangun suatu kebiasaan baru saat ini.

Menurut Riset Jakpat dengan tema Dream Wedding Among Youth Nowadays, format pernikahan yang sedang tren sekarang adalah intimate wedding yang hanya dihadiri keluarga dan orang-orang terdekat dengan pilihan untuk dilaksanakan di venue yang merupakan semi-indoor atau outdoor. intimate wedding ini, bukan hanya terjadi akibat kebiasaan adanya keterbatasan kapasitas, waktu hingga kegiatan dalam suatu acara saat pandemi melanda. Melainkan, adanya kesadaran finansial pada generasi milenial dan gen Z sehingga mereka semakin cermat dalam mengelola keuangan mereka.

Kader Nasdem Serahkan Berkas Pencalonan ke PKB Dalam Pilkada 2024 di Tangerang

"Dalam mempersiapkan pernikahan impian, milenial dan gen Z cenderung memprioritaskan kesiapan finansial terutama untuk membiayai kebutuhan seputar pesta pernikahan dengan uang sendiri. Tren pernikahan saat ini juga sudah bergeser dari pesta besar-besaran menjadi intimate wedding," kata Head of Research Jakpat, Aska Primardi, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Kondisi ini juga menuntut banyak pasangan utnuk bisa mempersiapkan rancangan keuangan pernikahan guna menentukan anggaran yang akan dikeluarkan nantinya. Terlebih, pernikahan menjadi salah satu momentum sakral dalam kehidupan yang harus direncanakan secara matang. 

Halaman Selanjutnya
img_title