Jumlah Perputaran Uang di Banten Selama Idul Fitri 2024, Mencapai Triliunan Rupiah

Ilustrasi bantuan keuangan (Foto/Pixabay)
Sumber :

Banten.Viva.co.id - Jumlah Perputaran Uang di Banten Selama Idul Fitri 2024, Mencapai Triliunan Rupiah. Ramadan hingga libur Idul Fitri 2024 membawa berkah bagi masyarakat Banten, karena ada distribusi uang kartal di perbankan yang bisa menggambarkan perputaran uang. 

Desmond, Lonjakan Trafik Indosat Naik 17 Persen Selama Arus Mudik Idul Fitri 2024

Distribusi uang kartal dari perbankan ke masyarakat selama libur Idul Fitri 1445 H, naik sekitar 3 persen dibanding periode sebelumnya.

"Dengan meningkatnya peredaran uang rupiah pada momen Ramadan 1445 H, akan nendorong pertumbuhan ekonomi Banten pada triwulan berjalan. Selain itu, aktivitas mudik yang melalui Pelabuhan Merak dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan mendorong naik sektor transportasi dan pergudangan, yang masuk dalam lima besar sektor utama dalam penyumbang PDRB Banten," ujar Ameriza M Moesa, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Banten, dalam keterangan resminya, Jumat, 18 April 2024.

Catatan Gapasdap Merak Soal Arus Mudik Idul Fitri 2024 di Selat Sunda

Uang sebesar Rp 129 miliar nyaris keluar setiap harinya, masyarakat juga ada yang menukar uang untuk 'persenan' ke sanak saudara saat Idul Fitri 1445 H.

Penarikan dan penukaran uang itu dilakukan di seluruh perbankan yang ada, kemudian kas keliling, pembayaran bank, maupun penukaran langsung ke Bank Indonesia.

Bacagub Banten Silaturahmi Idul Fitri 2024 ke Pelosok Banten

Uang Rp1 Miliar

Photo :
  • Banten.Viva.co.id : Yandi Deslatama

"Rata-rata harian pendistribusian uang mencapai Rp129 miliar meningkat dibandingkan rerata periode Ramadan tahun lalu yang mencapai Rp126 miliar," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title