Polres Bandara Soetta Gagalkan Pengiriman 125 Ribu Benih Lobster ke Vietnam

Jajaran polres bandara soetta tunjukkan barang bukti
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Polres Bandara Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan 125.310 benih lobster dengan nilai Rp5,7 miliar yang rencananya, akan dikirim ke Vietnam melalui pengiriman kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Bandara Soetta Tingkatkan Kewaspadaan Monkeypox dengan Fasilitas dan Protokol Terbaru

Wakapolres Bandara Soetta, AKBP Ronald FC. Sipayung mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi pada Kamis, 18 Juli 2024, akan ada proses pengiriman ribuan benih lobster melalui Bandara Soetta. Dimana, para pelaku lebih dulu melakukan pertemuan di area parkir restoran kawasan Surya Dharma, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

"Kami dapatkan informasi soal pengiriman benih lobster melalui bandara soetta, dari sana kami selidiki dan berhasil menggagalkannnya. Dalam kasus ini barang bukti yang kami amankan terdapat 125.310 benih losbter, serta dua pelaku, yakni RA dan MIF," katanya, Sabtu, 20 Juli 2024.

Kebakaran di Terminal 3, Ini Penjelasan Bandara Soetta

Kemudian, pelaku dan barang bukti diamankan untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Hasilnya, dua pelaku ini bertugas mengirimkan paket dalam koper berisi benih lobster ke negara Vietnam. Dimana sebelumnya, pelaku mengambil paket dari tersangka B (status DPO) di salah satu rumah mewah kawasan Cengkareng, Jakarta Barat.

"Mereka berdua ini perannya pengantar yang diupah Rp500 ribu. Jadi prosesnya, mereka datang ke rumah mewah atas perintah B yang masih dalam pengejaran kami. Dimana, B meminta mereka mengambil paket berisi benih lobster di rumah mewah itu untuk kemudian dikirim ke Vietnam lewat bandara soetta," ujarnya.

Artis Yuyun Sebut Alami Pemerasan Oknum Anggota Polres Bandara Soetta, Ini Penjelasan Kapolres

Pada kasus ini, petugas melakukan tindak lanjut terutama terkait pelaku lainnya inisial B, yang memerintahkan pengiriman benih lobster secara ilegal tersebut.

"Kami akan terus telusuri kasus ini untuk mencari tahu dalang dari pengiriman ribuan benih lobster tersebut," ungkapnya.