Bus Pariwisata Jadi Target Ramp Check Jelang Arus Mudik di Tangerang

Petugas melakukan ramp check
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perhubungan mulai melakukan ramp check angkutan masal jelang periode Lebaran 2024.

Ada 6,6 Juta Kendaraan Melintas Tol Trans Jawa Selama Arus Mudik dan Balik 2024

Proses pengecekan itu guna memastikan keamanan dan kelancaran mudik Lebaran 2024.

Kepala Dishub Kota Tangerang Achmad Suhaely mengatakan, pengecekan dilaksanakan baik bus dalam kota maupun bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang berada di Terminal Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Siap Jalin Sinergi, GP Ansor Kota Tangerang Harus Jadi Katalisator Pembangunan Generasi Muda

"Ramp check sudah mulai dilaksanakan sejak 18 Maret dan akan berlangsung setiap hari sampai lewat tanggal puncak keberangkatan para pemudik. Segala indikator kelayakan akan dipastikan para petugas bus laik dan aman berangkat," katanya, Rabu, 20 Maret 2024.

Pada pengecekan kelaikan kendaraan itu, pemerintah setempat dan petugas terkait juga memfokuskan pemeriksaan pada bus pariwisata. Hal ini lantaran, bus pariwisata kerap kali menjadi angkutan mudik lebaran.

Catatan Mudik, Wisata Hingga Arus Balik Idul Fitri 2024

"Selain memang kendaraan yang sudah memiliki trayek. Kami juga melakukan ramp check ke bus pariwisata, karena biasanya akan banyak digunakan juga demi memenuhi tingginya permintaan akan transportasi mudik," ujarnya.

Ramp check tersebut meliputi tiga unsur, yaitu unsur administrasi mulai dari kepemilikan kartu izin muatan, kartu isin STUK, dan SIM pengemudi.

Halaman Selanjutnya
img_title