Pelabuhan Merak Ditutup Imbas Cuaca Buruk, Korlantas Polri Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Cuaca Buruk di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten
Sumber :
  • Yandi/BantenViva.co.id

Banten.Viva.co.id - Korlantas Polri telah menyiapkan skenario terburuk saat arus mudik Idul Fitri 2024 di Pelabuhan Merak. Jika cuaca buruk, kapal tidak bisa sandar dan pelabuhan harus ditutup, maka kendaraan di dalam jalan tol Tangerang-Merak akan dikeluarkan ke jalan arteri. Kemudian, PT ASDP Indonesia Ferry tidak boleh menjual tiket, hingga cuaca kembali membaik dan operasional kapal berjalan normal.

Tol Trans Jawa Paling Banyak di Lalui Pemudik?

"Kita akan mengeluarkan seluruh kendaraan ke arteri, tidak melanjutkan ke Merak, dari ASDP pun tidak akan menjual tiket ketika terjadi kontigensi," kata Irjen Pol Aan Suhanan, Kakorlantas Polri, DJ Pelabuhan Merak, Kamis, 14 Maret 2024.

Kemacetan Diluar Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Photo :
  • Yandi/BantenViva.co.id
Ada 6,6 Juta Kendaraan Melintas Tol Trans Jawa Selama Arus Mudik dan Balik 2024

Saat puncak arus mudik Idul Fitri 2024 dan kepadatan terjadi, kepolisian juga sudah menyiapkan berbagai skenario rekayasa lalu lintas.

Informasi awal dari tiga pelabuhan yang ada di Banten, yakni Pelabuhan Merak, Ciwandan dan Bandar Bakau Jaya. Rekayasa lalu lintas juga tergantung dari kepadatan di dalam dermaga setiap pelabuhan.

Catatan Gapasdap Merak Soal Arus Mudik Idul Fitri 2024 di Selat Sunda

Jika di dalam dermaga Pelabuhan Merak telah padat, penanggung jawab di dalam pelabuhan akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas.

"Kita akan melakukan rekayasa lalin, terutama pembagian kendaraan yg akan menunjukkan Ciwandan dan BBJ, ada di Cilegon Timur, kita akan bagi," terangnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title