Ribuan Warga di Pandeglang Ikuti Tradisi Munggahan Jelang Puasa dengan Babacakan di Atas Daun Pisang

Tradisi munggahan warga di Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten.
Sumber :
  • Yandi Sofyan/banten.viva.co.id

Banten.viva.co.id – Menyambut bulan suci Ramadhan 2024 yang jatuh pada tanggal 11/12 Maret 2024, tradisi munggahan menjadi bagian dari keragaman budaya bagi masyarakat Sunda yang kerap dirayakan dengan penuh keceriaan dan kebersamaan.

Fakta Enam Badak Cula Satu Ditembak Mati Pemburu Liar di TNUK

Seperti di Alun-alun Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang pada Kamis 7 Maret 2024. Ribuan warga memilih melakukan 'babacakan ngampar daun' atau makan bersama di atas daun pisang, disusul saling bermaaf-maafan serta mendoakan satu sama lain sebelum memasuki puasa.

Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Menes Usep Sudarmana mengatakan, munggahan ini merupakan tradisi yang dilakukan rutin di setiap tahun dengan tujuan mengingatkan bulan suci Ramadhan akan tiba.

Miris, Ditembak Berulang hingga Mati, Cula Badak Jawa di Ujung Kulon Dijual Seharga Ratusan Juta

"Tradisi munggahan babacakan ini merupakan agenda rutin, dan ini sudah tahun kedua dilaksanakan. Dan ini sebagai bentuk rasa syukur kita masih diberi kesempatan bisa melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan," kata Usep dihubungi banten.viva.co.id, Kamis 7 Maret 2024.

"Kegiatannya cukup meriah, ada sekitar 1.000 peserta yang hadir dari seluruh unsur masyarakat, kita makan bersama di atas daun pisang dengan panjang mencapai 1 kilometer," imbuhnya.

Nasib Badak Cula Satu di TNUK, Jadi Sasaran Perburuan Liar dan Culanya Dijual di Pasar Gelap

Babacakan ngampar daun di Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten

Photo :
  • Yandi Sofyan/banten.viva.co.id

Tak hanya itu, menurut Usep, munggahan kali ini jadi momentum bagi warga untuk mempererat kesatuan dan persatuan antar sesama usai bergulirnya Pileg dan Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title