Jawab Tantangan Batasan Internet, Gubes UPH Kembangkan Teknologi Fotonik

Guru Besar bidang Ilmu Fotonika dan Elektronika
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Perkembangan teknologi komunikasi dan internet saat ini cukup pesat.

Bandwidth Internet Kominfo Kota Serang Dianggarkan Rp1,6 Milyar, Seberapa Kencang?

Namun nyatanya, hal itu belum diseimbangi dengan ketersediaan sarana dan prasarana, sehingga masih banyaknya ditemukan sejumlah kendala.

Guru Besar bidang Ilmu Fotonika dan Elektronika, Prof. Dr. Ir. Henri Putra Uranus, M.T., IPU., mengatakan, kondisi ini membuat ia melakukan penelitian dengan mengembangkan teknologi fotonik.

Kemampuan Autophagy Muncul Saat Berpuasa, Apa Manfaatnya?

Dimana, fotonika merupakan teknologi yang memiliki peran penting sebagai "enabling technology" pada era disrupsi.

Dengan teknologi tersebut, memungkinkan terwujudnya komunikasi yang terjangkau, mengatasi batasan jarak, dan memfasilitasi perpindahan data massal dengan kecepatan tinggi dalam sekejap.

RS di Tangerang Hadirkan Teknologi Smart Pump Monitoring System Pertama di Dunia

"Teknologi ini punya dampa besar pada berbagai aspek kehidupan manusia. Fotonik adalah tulang punggung dari infrastruktur internet. Yang mana, salah satu pemanfaatan teknologi fotonik, yaitu serat optik yang digunakan dalam infrastruktur telekomunikasi Indonesia," katanya, Senin, 22 Januari 2024.

Dengan memanfaatkan serat optik, Indonesia dapat terhubung dengan dunia melalui berbagai jaringan seperti Sea-Me-We 3, Jasuraus, jaringan Palapa Ring, serta infrastruktur serat optik lainnya yang dibangun oleh pemerintah dan operator telekomunikasi.

Halaman Selanjutnya
img_title